16 March 2021, 13:55 WIB

Presiden Ingin Pariwisata Bali Segera Dibuka Bertahap


Andhika prasetyo | Nusantara

ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
 ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Presiden Joko Widodo

PRESIDEN Joko Widodo berharap sektor pariwisata di Bali bisa segera dibuka secara bertahap. Harapan tersebut sangat mungkin dicapai dan menjadi kenyataan jika program vaksinasi berjalan dengan lancar.

"Jika proses vaksinasi ini berjalan terus setiap hari, kita yakin Bali bisa segera bangkit. Kalau sudah kelihatan penyebaran covid-19 melandai, menurun, kemudian hilang, kita akan memulai satu persatu pembukaan ekonomi khususnya sektor pariwisata di Bali," ujar Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di sejumlah wilayah di Bali, Selasa (16/3).

Kendati demikian, kepala negara menekankan bahwa gerbang pariwisata tidak akan dibuka secara bebas begitu saja. Akan ada desain berupa tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah agar covid-19 tidak kembali merebak.'

Baca juga: Jokowi Minta Warga Bali Tetap Waspada Meski telah Divaksin

"Ada tahapan yang nanti didesain baik oleh provinsi, kabupaten/kota dan juga dari pusat. Saat ini kita berbicara apa adanya. Kita masih memerlukan tahapan-tahapan menuju sebuah situasi yang normal. Kita harapkan semua masih pada posisi waspada," ucapnya.

Kepala negara pun mengapresiasi sejumlah daerah di Pulai Dewata yakni Ubud, Sanur dan Nusa Dua yang selama ini sudah menangani pandemi dengan baik. Tiga destinasi wisata utama itu telah berstatus zona hijau dan bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain.

"Kita sekarang fokus di tiga zona ini. Jika berhasil, kebangkitan sektor pariwisata di Bali akan dimulai. Ini akan kita evaluasi setiap minggu bagaimana perkembangan di kawasan-kawasan ini dan juga secara umum di Bali," jelas dia.(OL-4)

BERITA TERKAIT