15 March 2021, 15:50 WIB

Presiden Jokowi Akan Hadiri Festival Vaksinasi di Makassar


Lina Herlina | Nusantara

MI/Lina Herlina.
 MI/Lina Herlina.
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan (Danny) Pomanto.

PEMERINTAH Kota Makassar mencanangkan Festival Smart Vaksinasi agar warga tidak takut lagi untuk divaksinasi. Dengan demikian, hal tersebut mampu menekan laju penularan virus korona atau covid-19 di Kota Makassar serta dapat menopang percepatan pemulihan kesehatan.

Kegiatan tersebut dimulai Selasa (16/3). Akan tetapi pada Kamis (18/3) kegiatan itu akan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden akan melanjutkan kunjungan ke Kolam Regulasi Nipa-Nipa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, sekaligus penandatanganan prasasti peresmian tol layang Makassar.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan (Danny) Pomanto mengatakan, Festival Smart Vaksinasi tersebut merupakan model baru percepatan vaksinasi, khususnya di Sulsel. "Jadi, ini adalah vaksinasi yang cerdas, kemudian cepat, dan menyenangkan. Jadi kami hilangkan kecemasan vaksinasi itu menyeramkan, melainkan menyenangkan," katanya, Senin (15/3).

Menurut Danny, kegiatan itu juga bisa mempercepat program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah. "Kalau program ini berjalan dengan baik, bisa dilakukan vaksinasi 10 ribu orang per hari. Itu terdata lewat sistem teknologi informasi (TI) kami. Para penerima vaksin akan di-screening digital yang hasilnya akan ditunjukkan ke petugas di lokasi untuk selanjutnya mendapatkan kode kursi tempat menerima vaksin," urainya.

"Kami sudah siap 90%. Tinggal kami arahkan tentang detail kegiatan, termasuk pengurangan peserta yang biasanya 1.000 serentak ini kan cuma 500 karena ada protokol dalam ruangan. Kita harus swab antigen sebelum ikut kegiatan," sambung Danny yang menyebutkan kegiatan Smart Vaksinasi akan digelar di Hotel Dalton, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar.

Sebelumnya, Danny menyebutkan ada 1.000 pemberi vaksinasi di tiap lokasi vaksin. "Modelnya nanti, penerima vaksin duduk di kursi masing-masing dan akan didatangi oleh vaksinator. Ini untuk menghindari kerumunan," lanjut Danny.

Sulsel menerima sebanyak 1,6 juta dosis vaksin dan Kota Makassar 240 ribu di antara jumlah itu. "Harapannya, program ini juga mampu membantu menyukseskan Makassar Recover yang menjadi program penangan covid-19 di Kota Makassar," tutup Danny. (OL-14)

BERITA TERKAIT