03 March 2021, 10:33 WIB

Kongres Nasional Mahasiswa Petani Gaungkan Hak Asasi Petani


Denny Susanto | Nusantara

Denny Susanto
 Denny Susanto
Kongres Nasional GEMA Petani Indonesia di Jambi. 

KONGRES Nasional Gerakan Mahasiswa (GEMA) Petani Indonesia yang berlangsung di Provinsi Jambi beberapa waktu lalu menghasilkan sejumlah poin penting di antaranya perjuangan hak asasi petani dan reforma agraria. Perwakilan mahasiswa Kalimantan Selatan terpilih dalan Presidium dan Majelis GEMA Petani Indonesia.

Ketua DPW Serikat Petani Indonesia (SPI) Kalsel, Dwi Putra Kurniawan, Rabu (3/3), mengatakan sebuah kebanggaan bagi Organisasi Serikat Petani Indonesia atas terselenggaranya event Kongres Nasional GEMA Petani Indonesia ini. 

"Terpilihnya lima orang mahasiswa terbaik dalam Presidium GEMA Petani Indonesia ini adalah garda terdepan dalam perjuangan kaum petani," ujarnya.

DPW SPI Kalsel juga turut berbangga atas masuknya dua orang mahasiswa terbaik dari Kalsel dalam Presidium dan Majelis Nasional, yaitu M Iqbal Hambali dan Wira Surya Wibawa. Kongres Nasional GEMA Petani Indonesia berlangsung 24-26 Februari 2021 di Provinsi Jambi yang dihadiri perwakilan mahasiswa dari 13 provinsi secara offline maupun online.

Kegiatan nasional ini juga menghasilkan beberapa poin penting yaitu menggaungkan perjuangan Reforma Agraria Sejati untuk para petani, Hak Asasi Petani dan Masyarakat Pedesaan serta Koperasi Petani Indonesia sebagai nilai-nilai dasar mewujudkan kedaulatan pangan.

baca juga: Maluku Utara Kini Punya Kawasan Berikat Sektor Pertambangan

Hasil Kongres Nasional pertama ini juga menghasilkan keputusan kepengurusan nasional GEMA Petani Indonesia. Salah satu perwakilan mahasiswa asal Kalsel M Iqbal Hambali dari Universitas Islam Negeri Antasari terpilih dalam 5 orang Presidium GEMA Nasional. Selain itu satu orang perwakilan mahasiswa Kalsel lainnya juga terpilih dalam jabatan Majelis Nasional GEMA Petani Indonesia, yaitu Wira Surya Wibawa dari Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Banjarmasin.

Berikut 5 orang Presidium Nasional Gerakan Mahasiswa Petani Indonesia priode 2021-2023: Annas Sadikin (Jawa Barat), Yoggi Sikumbang (Jambi), M.Iqbal Hambali (Kalsel), Fidelis Roi (NTT) dan  Riki (Bengkulu). (OL-3)
 

BERITA TERKAIT