02 March 2021, 09:17 WIB

Baku Tembak Kembali Terjadi di Wilayah Mile 53 Papua


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Nusantara

Medcom.id
 Medcom.id
Ilustrasi penembakan

POLISI dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) dari kelompok kali Kopi pimpinan Joni Batak kembali baku tembak di wilayah Mile 53, Papua, Minggu (28/2). Seperti diketahui, wilayah tersebut merupakan bagian dari area tambang PT Freeport Indonesia.

"Aparat yang melakukan patroli di hutan sekitar mile 53 melihat 6 orang KKB di sebrang sungai membawa dua pucuk senjata api," ucap Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata, Selasa (2/3).

Era menyebut baku tembak itu terjadi selama kurang lebih 30 menit. Polisi pun langsung melakukan pengejaran terhadap anggota KKB tersebut. Hanya saja, lanjut Era, belum diketahui pasti lokasi dan keberadaan para KKB yang terlibat baku tembak lantaran lokasi tempat penembakan cukup jauh.

"Harus mencari sungai yang dangkal yang memungkinkan aparat untuk menyebrang," terangnya.

baca juga: Dualisme Pelantikan Sekda untuk Pemprov Papua 

Tidak ada korban dari kepolisian akibat baku tembak. Namun, Era belum dapat memastikan korban yang jatuh dari pihak KKB akibat kejadian itu. Hingga saat ini di wilayah Tembagapura, Papua, Era mengatakan masih terdapat 1 kelompok KKB Joni Botak yang menetap di sekitar wilayah hutan. Pihak kepolisian terus melakukan penyisiran ke dalam hutan untuk mempersempit ruang gerang KKB.

"Dilakukanlah patroli lebih masuk ke hutan untuk mempersempit ruang gerak KKB dalam mengganggu keamanan baik masyarakat maupun operasional PTFI (PT Freeport Indonesia)," ungkapnya.

Era pun berharap agar masyarakat dapat turut serta dalam menjaga situasi keamanan di Papua. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT