14 December 2020, 06:59 WIB

Wali Kota Pematangsiantar Ajak Warga Peduli Disabilitas


Apul Iskandar | Nusantara

MI/Apul Iskandar
 MI/Apul Iskandar
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Zainal Siahaan yang mewakili Wali Kota Pematangsiantar.

MEMPERINGATI Hari Disabilitas Internasional, Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah mengajak semua pihak untuk meningkatkan kepedulian terhadap para penyandang disabilitas.

"Mari sama-sama meningkatkan kepedulian kita dan semua pihak terhadap mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Juga lebih membuka perlindungan dan kepercayaan terhadap penyandang disabilitas di Kota Pematangsiantar. Sehingga dapat mewujudkan persamaan hak untuk seluruh lapisan masyarakat", kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Zainal Siahaan yang mewakili Wali Kota Pematangsiantar saat menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020, di Balai Rahmat Shah Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara, Minggu (13/12).

Dalam kesempatan itu, Zainal menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Hari Disabilitas Internasional yang turut dihadiri para penyandang disabilitas serta orangtua yang mendampingi anak-anak mereka.

Baca juga: Warga Mimika Diminta tidak Nyalakan Petasan Saat Natal

"Harus diingat, penyandang disabilitas juga memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat yang memiliki fisik yang sempurna. Penyandang disabilitas berhak mendapat perhatian dan penghormatan tanpa membedakan suku, agama, maupun ras. Banyak potensi yang dapat digali dari para penyandang disabilitas. Bagaimanapun kondisi kita, harus tetap disyukuri. Saya yakin Allah SWT merencanakan sesuatu yang sangat baik untuk masing-masing diri kita," papar Zainal.

Tidak lupa, ia juga berpesan kepada para penyandang disabilitas yang ada di Kota Pematangsiantar untuk tetap semangat menjalani kehidupan.

"Jangan patah arang, percaya dirilah, terus bekerja keras dan berinovasi dalam setiap bidang yang ditekuni masing-masing, agar dapat meraih kesuksesan," pesannya.

Kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Yayasan Kita Serupa Pematangsiantar yang menjadi yayasan bagi para penyandang difabel dan stakeholder lainnya, Zainal berharap agar terus bersinergi dan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan penyandang disabilitas.

"Saudara-saudara kita para penyandang disabilitas bukanlah orang yang mengharapkan dikasihani. Tetapi mereka butuh diberikan kesempatan untuk dapat menunjukkan kualitas dan kapasitas diri mereka yang sebenarnya," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT