02 September 2020, 21:43 WIB

Pemerintah Dorong Kemandirian Penyandang Disabilitas


Bayu Anggoro | Nusantara

ANTARA/VITALIS YOGI TRISNA
 ANTARA/VITALIS YOGI TRISNA
Ilustrasi

PEMERINTAH terus mendorong kemandirian penyandang disabilitas sensorik netra. Salah satunya melalui layanan rehabilitasi berbasis keluarga.

"Kemensos melalui kami akan mendorong kemadirian sosial bagi penyandang disabilitas sensorik netra. Melalui program rehabilitasi sosial sesuai dengan kebutuhannya," kata Kepala Balai Wyata Guna Kementerian Sosial Sudarsono, Rabu  (2/9).

Menurut dia, layanan rehabilitasi sosial berbasis keluarga ini diberikan untuk mengembangkan dan meningkatkan kapabilitas serta tanggungjawab sosial penyandang sensorik netra. Layanan yang diberikan selama 20 hari ini memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

"Kami memberikan bimbingan pengetahuan, pendidikan, pelatihan, keterampilan agar saudara-saudara kita ini bisa mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat," katanya.

Sebagai contoh, menurutnya program ini tengah dilakukan di Cianjur terhadap puluhan disabilitas. Dia berharap program ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh penyandang disabilitas sensorik netra. "Semoga program ini dapat bermanfaat untuk penyandang disabilitas," katanya.

Salah seorang penyandang disabalitas, Deden, berharap setelah mengikuti rehabilitasi ini dirinya bisa lebih mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, dia juga ingin lebih produktif terutama dari sisi ekonomi.

"Semoga ini bukan hanya rehabilitasi. Tapi ke depannya kami benar-benar bisa mandiri, bahkan jauh lebih produktif," katanya. (R-1)

BERITA TERKAIT