20 February 2020, 21:35 WIB

1.000 Rumah Mendapatkan Bantuan Septitank


Yose Hendra | Nusantara

wikipedia
 wikipedia
Septitank

Sebanyak 1.000 rumah yang tersebar di 4 kecamatan di Kota Pariaman,  Sumatra Barat, akan mendapat bantuan pembangunan septitank. 

Kepada Dinas Perumahan Takyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kota Pariaman M.Syukri, mengatakan pihaknya sudah  merencanakan untuk membangun 1.000 septitank untuk 1.000 rumah masyarakat yang masuk kategori layak dapat bantuan. "Ini kita laksanakan untuk mewujudkan visi dan misi Pemkot Pariaman  mewujudkan hidup yang bersih, layak dan sehat," ungkapnya, Kamis (20/2).

Tahun 2019, Pemerintah telah membuat septitank komunal dengan kapasitas 1 ipal menampung 8 s.d 10 rumah. Saat pembuatan ipal selesai, pemerintah akan melanjutkan pemberian bantuan berupa pembuatan septitank individu. "Dalam minggu ini kita akan lakukan survei kelokasi yang telah diusulkan oleh pihak desa, apakah rumah tersebut layak atau tidak mendapatkan bantuan pembuatan septitank. Adapun yang kita prioritaskan nantinya masyarakat yang berpenghasilan rendah dan belum mempunyai MCK," tambahnya.

Pembuatan septitank bagi sebagian warga di Kota Pariaman merupakan program dana hibah dari APBN melalui mata anggaran dana talangan yang setelah selesai pekerjaannya dan di evaluasi oleh badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dana rembers dari APBN akan masuk melalui pengiriman dana (transfer) daerah.

"Syarat yang paling penting untuk memberikan bantuan septitank ini keberadaan rumah yang berjarak atau menyebar yang tidak memungkinkan untuk dibuatkan ipal komunal," jelasnya.

Ia berharap semua masyarakat di Kota Pariaman secara kesehatan sanitasinya sudah sesuai dan layak sehingga tidak membahayakan kesehatan masyarakat sekitarnya. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT