10 April 2019, 19:30 WIB

Kena Air Hujan, KPU Mura Ajukan Cetak Ulang Kotak dan Surat Suara


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Tetra Surya
 MI/Tetra Surya
Surat suara rusak

HUJAN yang turun terus-menerus di Kabupaten Musi Rawas membuat puluhan kotak suara dan belasan ribu surat suara rusak. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Rawas (KPU Mura) mencatat surat suara yang rusak di antaranya untuk DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Ketua KPU Kabupaten Mura, Anas Tatias, menuturkan pihaknya telah mendata dan melakukan penyortiran. Ada sebanyak 16.648 surat suara yang rusak. Surat suara yang rusak ini dikarenakan gudang tempat tempat penyimpanan logistik di komplek Agropolitan Center (AC) kemasukan air hujan.

"Karena hujan disertai angin dan petir. Kita sudah berupaya melindungi, namun hujan disertai angin sehingga tempat penyimpanan terkena air hujan," ungkapnya.

Baca juga: Mobil Pengangkut Terbakar, 900 Surat Suara Rusak di Sandakan

Ia menyebutkan surat suara DPD RI yang mengalami kerusakan berjumlah 1.148, kemudian DPR RI berjumlah 13.900, DPRD Provinsi berjumlah 1.200, DPRD Kabupaten/kota dapil II berjumlah 400 surat suara.

"Total seluruhnya ada 16.648 surat suara. Kemudian kotak suara yang mengalami kerusakan sebanyak 60 kotak suara," kata dia.

Anas menambahkan, pihaknya sudah melakukan sidang pleno dan melaporkan surat suara yang rusak tersebut ke KPU Provinsi. Kemudian KPU Provinsi melaporkan kepada KPU RI agar mengajukan cetak ulang surat suara yang rusak.

"Sampai saat ini masih komunikasi, apabila belum sampai bahkan nanti bila komunikasinya mewajibkan kita untuk menjemputnya maka kita harus lakukan," tuturnya.

Saat ini, proses pelipatan surat suara sudah selesai dilakukan dan sudah masuk proses set logistik. Dari enam dapil di Kabupaten Mura, yang belum menyelesaikan adalah dapil satu, dua dan enam.

Proses distribusi logistik akan dilakukan pada tanggal 14 April, terutama untuk daerah-daerah jauh seperti wilayah Kecamatan Muara Lakitan, Kecamatan Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu, Megang Sakti dan Muara Kelingi.

"Untuk daerah-daerah yang dekat, proses distribusinya akan dilakukan diakhir sambil menunggu kekurangan surat suara kiriman dari KPU pusat tiba di KPU Mura. Jumlah DPT Kabupaten Mura 289.544, jumlah TPS 1.168 plus satu TPS di Lapas sehingga totalnya 1.169 TPS," pungkasnya.(OL-5)

 

BERITA TERKAIT