10 April 2019, 18:30 WIB

Penggantian Surat Suara Rusak di Kupang Dipercepat


Palce Amalo | Nusantara

MI/Palce Amalo
 MI/Palce Amalo
KPU Kota Kupang

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Decky Ballo, menjamin percepatan penggantian surat suara rusak.

"Kami pastikan pada 12 atau 13 April pergantian terhadap 3.000 surat suara rusak sudah tiba," kata Decky Ballo kepada wartawan di sela-sela kegiatan pengepakan surat suara di Gedung Ben Mboi Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Naikolan, Kota Kupang, Rabu (10/4).

Menurut Decky, setelah surat suara pengganti tiba, langsung disortir dan dilipat untuk dimasukkan ke dalam kotak suara.

"Kami butuh waktu sekitar tiga jam untuk menyortir dan melipat surat suara itu," ujarnya.

Sedangkan distribusi surat suara akan dilakukan pada 15 dan 16 April ke tempat pemunggutan suara (TPS).

Baca juga: 58 Ribu Surat Suara Rusak di Riau Sudah Diganti

Sementara itu, sampai Rabu (10/4) siang, anggota KPU Kota Kupang bersama pegawai sekretariat masih melakukan pengepakan surat suara ke kotak suara.

Menurut Decky, pengepakan surat suara dimulai sejak tanggal 6 sampai 10 April. Setelah itu, menyelesaikan kebutuhan surat suara untuk tiga dari enam kecamatan yakni Alak, Kota Raja dan Kota Lama.

Surat suara yang sudah dibungkus, dikemas lagi ke dalam plastik sebelum dimasukkan ke dalam kotak suara. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi surat suara robek atau terkena air hujan saat didistribusikan ke TPS. Logistik lainnya seperti formulir C1 plano juga dibungkus dengan plastik berwarna putih.

Kotak suara yang sudah terisi logistik, langsung diikat dan diberi segel. Proses pengepakan surat suara diawasi oleh aparat keamanan dari Polres Kupang Kota.

Selain kekurangan surat suara, KPU Kota Kupang juga masih kekurangan 1.300 bilik suara. Namun, logistik tersebut sudah tiba di gudang penyedia dan dijadwalkan segera dipindahkan ke gudang KPU.

"Satu atau dua hari lagi, bilik suara sudah tiba di gudang," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT