29 April 2022, 14:57 WIB

Mudik Beroda Dua, Jangan Melebihi Kapasitas


Mediaindonesia.com | Mudik

Antara
 Antara
Ilustrasi

Kepolisian Sektor Ciawi, Jawa Barat meminta pemudik yang tidak memiliki pilihan selain mengendarai sepeda motor untuk memperhatikan jumlah penumpang dan barang yang dibawa.

"Jangan melebihi kapasitas. Roda dua ini sebenarnya untuk dua orang," kata Kanit Lantas Polsek Ciawi, AKP Maryanto, ditemui di Simpang Gadog, Ciawi, Jawa Barat.

Polsek Ciawi melihat terdapat peningkatan volume kendaraan kendaraan roda dua hari ini, dibandingkan hari-hari sebelumnya. Meski pun demikian, lalu lintas di Simpang Gadog baik ke arah Puncak, Sukabumi maupun Jakarta terpantau lancar.

Lalu lintas di Simpang Gadog masih lancar, meski pun cuti bersama Hari Raya Idul Fitri sudah dimulai. Tidak ada kepadatan kendaraan siang ini, kecuali di sekitar lampu merah atau pasar.

Selain mengatur kapasitas penumpang dan barang, pemudik dengan motor juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama di perjalanan karena pandemi masih berlangsung. Pemudik juga wajib menggunakan helm dan menaati aturan lalu lintas.

Maryanto juga meminta pemudik dengan kendaraan roda dua memastikan membawa dokumen yang lengkap, antara lain Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Tetap jaga kesehatan. Hati-hati di jalan. Sampai tujuan dengan selamat, itu yang paling utama," kata Maryanto.

Menurut keterangan Maryanto, kendaraan yang melintas di wilayah ini pada umumnya berisi penumpang yang bepergian antarkota, misalnya dari Ciawi ke arah Sukabumi, Cianjur atau Bandung.

Pemerintah sebelumnya mengimbau calon pemudik dengan kendaraan roda dua untuk mengikuti program mudik gratis yang diadakan oleh berbagai kementerian atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN), demi keamanan, terutama jika jarak tempuh jauh. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT