08 June 2023, 16:09 WIB

Pembangunan Pasar Kwitang Jakarta Ditarget Rampung Akhir 2023


Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan

Dok. Pasar Jaya
 Dok. Pasar Jaya
PEJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan dimulainya pembangunan Pasar Kwitang Dalam, Jakarta Pusat, Kamis (8/6).

PEJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan dimulainya pembangunan atau groundbreaking Pasar Kwitang Dalam, Jakarta Pusat, Kamis (8/6).

Adapun pembangunan Pasar dalam ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023, sehingga dapat dioperasikan pada awal tahun 2024.

“Pasar ini bisa melayani konsumen dengan baik, secara tidak langsung bisa mengendalikan inflasi. Berikutnya, pasar di Ibu Kota harus bagus,” kata Heru

Baca juga : 22 Kios di Pasar Cineam Terbakar, Estimasi Kerugian Capai Rp2 Miliar

Lanjut Heru, groundbreaking Pasar Kwitang Dalam menandakan keseriusan Pemprov DKI melalui Perumda Pasar Jaya sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di sektor ketahanan pangan, untuk melakukan revitalisasi pasar-pasar tradisional, sehingga tidak kalah dengan pasar modern lainnya.

"Hari ini kita memulai groundbreaking Pasar Kwitang Dalam yang menandakan bahwa berikutnya ada pasar-pasar lain yang akan direvitalisasi. Ini menjadi tugas Perumda Pasar Jaya bahwa semua pasar yang dikelola oleh Perumda Pasar Jaya harus bagus dan harus bersih, karena terletak di Ibu Kota," ujar dia.

Baca juga: Jakarta Fair Kemayoran Dimulai 14 Juni, Pameran Terbesar di Asia Tenggara

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo mengharapkan, pembangunan Pasar Kwitang Dalam ini, selain dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar dan mendukung pertumbuhan perekonomian di Jakarta, juga menjadi ikon baru sebagai karya untuk Jakarta.

“Groundbreaking ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu, sehingga nantinya bangunan baru tersebut akan bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan ikut serta dalam penataan Kota Jakarta yang lebih baik,” kata Tri.

Ia menjelaskan, Pasar Kwitang Dalam ini berdiri di atas lahan seluas 1.190 meter persegi dan direncanakan akan dibangun dua lantai dengan total 156 tempat usaha, terdiri dari 93 kios dan 63 los.

Pasar Kwitang Dalam juga akan memiliki fasilitas berupa tempat parkir mobil dan motor, toilet, ruang ibadah, kantor pasar, dan dilengkapi akses bagi penyandang disabilitas.

Pembangunannya menggunakan anggaran sebesar Rp15 miliar yang berasal dari dana Penyertaan Modal Daerah (PMD).

BERITA TERKAIT