20 April 2023, 12:33 WIB

Taman Margasatwa Ragunan Tutup saat Lebaran Hari Pertama


Andhika Prasetyo | Megapolitan

MI/Irfan
 MI/Irfan
Pengunjung melintasi pintu gerbang utama Taman Marga Satwa ragunan di Ragunan, Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan beberapa tempat wisata di ibu kota tidak akan beroperasi pada hari pertama lebaran.

"Ada penyesuaian waktu operasional tempat wisata saat libur Idul Fitri 1444 Hijriah," ujar Andhika melalui keterangan tertulis, Kamis (20/4).

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta sebagai pengelola taman (Ruang Terbuka Hijau/RTH) di Jakarta menginformasikan bahwa tempat wisata atau taman yang tutup saat Lebaran yaitu Taman Lapangan Banteng, Taman Margasatwa Ragunan dan Tebet Eco Park.

Baca juga: Tempat Wisata di DKI Jakarta Tetap Buka Pada Libur Lebaran

"Taman-taman tersebut buka kembali pada hari kedua Idul Fitri dengan jam operasional masing-masing. Taman Lapangan Banteng buka pada pukul 06.00-20.00 WIB, Taman Margasatwa Ragunan pada pukul 07.00-16.00 WIB," tuturnya.

Adapun, Tebet Eco Park akan dibatasi jumlah pengunjungnya. Oleh karena itu, warga yang akan datang harus lebih dulu mendaftarkan diri secara daring melalui aplikasi JAKI atau linktr.ee/tebetecopark.

Baca juga: Lebaran di Rumah Aja? Jangan Sedih, Tonton Film Rekomendasi Prime Video

Selain itu, Andhika mengatakan Pemerintah Provinsi Jakarta telah menyiapkan destinasi dan atraksi untuk liburan mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, taman cantik, hingga sejarah yang seru dan menyenangkan melalui platform satu pintu wisata Jakarta, jakcation.id.

"Warga Jakarta bisa dengan mudah mengakses lokasi destinasi wisata ini karena ada berbagai informasi, mulai dari gambaran lokasi, harga tiket masuk, aktivitas dan atraksi, paket tur, tempat menginap, hingga pilihan moda transportasi, seperti MRT, TransJakarta, dan KRL Commuter Line," jelasnya.

Paket-paket wisata tersebut tersedia atas hasil koordinasi antara Disparekraf DKI Jakarta dengan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA), Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), Teman Parekraf Nasional (TEPANAS) dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI)

Pemprov DKI juga mengimbau kepada warga yang akan berkunjung ke tempat wisata untuk menggunakan transportasi publik agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di lokasi. (Ant/Z-11)

BERITA TERKAIT