15 March 2023, 16:20 WIB

128,3 Juta Orang Mudik, Polri Matangkan Rekayasa Arus Lalu Lintas Lebaran 2023


Kautsar Widya Prabowo | Megapolitan

Antara/ASEP FATHULRAHMAN
 Antara/ASEP FATHULRAHMAN
Kemacetan panjang di Pelabuhan Merak, Banten, pada Lebaran 2022 lalu.

KEPALA Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi tengah mematangkan rekayasa lalu lintas untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Ia menegaskan kemacetan dan kecelakaan menjadi dua hal yang sangat perlu diantisipasi.

Firman telah melakukan survei dan koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan rekayasa lalu lintas dapat diterapkan saat terjadi kepadatan di jalur mudik. Baik di jalan tol, arteri, dan jalur penyeberangan.  

"Ini akan semakin kami matangkan mengingat berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tahun ini akan ada 128,3 juta orang yang mudik," ujar Firman dalam keterangan tertulis, Rabu, 15 Maret 2023.

Baca juga : Pendaftaran Mudik Gratis 2023 Dibuka, BPTJ Kota Depok Siapkan 136 Bus

Jenderal bintang dua itu juga tengah memetakan titik-titik yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Titik rawan kepadatan dan kecelakaan menjadi tolak ukur pertimbangan penempatan posko mudik dan jumlah personel.

"Jadi, antisipasi kerawanan, titiknya di mana, jumlah Posko, ketersediaan anggota, sangat kami pikirkan dengan berkoordinasi bersama stakeholder terait," jelasnya. (MGN/Z-4)

BERITA TERKAIT