03 March 2023, 15:09 WIB

Jalan Amblas di Cilandak, Dinas Bina Marga: Akibat Saluran Air Pecah


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Ilustrasi.
 Ilustrasi.
Jalan Amblas.

DINAS Bina Marga DKI Jakarta melakukan perbaikan terhadap jalanan yang amblas di Jl RA Kartini, Cilandak, Jakarta Selatan. 

Bagian jalan yang amblas tersebut terletak di bagian pinggir dan dekat kampus Universitas Prasetya Mulya. 

Baca juga: Pj Gubernur DKI Heru Dapat 2 Mobil Dinas senilai Rp2,37 Miliar dan Rp800 Juta

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, jalan yang amblas sepanjang 20 meter dengan kedalaman hampir 6 meter itu disebabkan struktur gorong-gorong saluran air yang ada di bawah jalan pecah.

"Jadi itu amblas karena di bawah kan ada saluran gorong-gorong pecah. Jadi air terus-menerus menggerus akhirnya jalanan longsor," ungkap Hari saat dihubungi, Jumat (3/3). 

Pecahnya gorong-gorong tersebut diakibatkan oleh derasnya air yang mengalir dampak dari intensitas hujan yang lebat di Jakarta dalam sepekan terakhir. 

"Kemudian faktor hujan ada. Karena begitu pecah itu kan pondasi bawah ngegerus tuh. Tambah kena hujan, tambah mempercepat erosi tanah kan? Akhirnya lapisan atasnya amblas gitu," lanjutnya. 

Koordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air DKI sudah dilakukan untuk perbaikan saluran tersebut agar Dinas Bina Marga dapar memperbaiki jalan amblas tersebut. 

"Dua hari yang lalu kita sudah koordinasikan sama Dinas SDA kemudian sama kita perbaikan gorong-gorong salurannya dulu selesai. Abis selesai baru kita timbun dan aspal lagi nanti," ujarnya. 

Hari juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mengamankan lalu lintas tersebut. Ia membutuhkan waktu sepekan untuk memperbaiki jalan amblas itu hingga selesai. 

"Yang jelas penanganannya seperti itu, ya mudah-mudahan minggu ini selesai. Begitu konstruksi bawahnya selesai kita amankan yang di atas," tuturnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT