28 February 2023, 21:11 WIB

Bangun Ekosistem Pariwisata Jakarta, JXB Luncurkan Creative Zone Dan JSX


Mohammad Farhan Zhuhri | Megapolitan

MI/M. Farhan Zhuhri
 MI/M. Farhan Zhuhri
Ajang Partnership  Jakarta Experience Board

JAKARTA Experience Board mengadakan Partnership Gathering sebagai bentuk apresiasi kepada para kolaborator. Acara diselenggarakan di Bale Nusa, Jakarta, Selasa (28/2).

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengungkapkan acara itu merupakan bagian dari kolaborasi antar stakeholder baik pelaku pariwisata dan pelaku industri kreatif. 

Andika mengatakan, perlu kolaborasi model Pentahelix atau kolaborasi 5 unsur dengan akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah dan publikasi media dapat menstimulus kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di DKI Jakarta. 

“Semoga dengan terselenggaranya kegiatan Partnership Gathering 2023 dapat menjadi kegiatan rutin jejaring pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi seluruh stakeholder. Dengan semangat kolaborasi mewujudkan kota Jakarta yang Sukses untuk kemajuan Indonesia," ujarnya.

Direktur Utama JXB Novita Dewi mengatakan pihaknya akan gencar menciptakan ekosistem industri pariwisata di Jakarta.

“Di tahun 2023 ini, kami giat melakukan berbagai pembangunan dan pengembangan infrastruktur pariwisata,” jelas Novita.

Baca juga : LRT Jakarta Sampai Manggarai, Penumpang Ditaksir 185 Ribu orang

Ia menjelaskan sejak 2020, JXB telah melakukan kolaborasi dengan lebih dari 300 kolaborator. Kolaborasi yang terjalin sangat beragam, yaitu mural, pertunjukan musik maupun bazaar. 

Dalam kesempatan itu, JXB memperlihatkan program prioritas yang tahun ini akan diluncurkan, yaitu Creative zone dan Jakarta Street Experience.

Creative zone adalah sebuah ruang interaksi masyarakat yang dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk menunjang kebutuhan pariwisata dan ekonomi serta berbagai aktivitas kreatif di ruang publik. Berlokasi di jantung kota Jakarta, Creative zone dapat menjadi titik temu hingga ikon baru pariwisata kota. Saat ini JXB memiliki dua bentuk creative zone yaitu Riverview dan Buy Local!. 

Kolaborasi yang ditawarkan pada program ini adalah naming rights. Secara eksklusif, JXB memberikan kesempatan bagi brand untuk menempatkan brandnya di produk tersebut. Kolaborasi naming rights ini juga termasuk dengan benefit lainnya seperti LED Videotron, ruang untuk aktivasi dan event, amplifikasi media dan lainnya.

Program prioritas selanjutnya adalah Jakarta Street Experience (JSX), yang dapat menjadi media luar ruang dengan fitur AR yang dapat digunakan untuk mempromosikan brand maupun campaign secara interaktif.

Pada 2023, rencananya akan dibangun sekitar 40 JSX yang tersebar di berbagai titik strategis Jakarta, tepatnya di jalur pedestrian atau taman kota. (OL-7)

BERITA TERKAIT