18 September 2022, 13:14 WIB

Polda Metro Akui Belum Mampu Atasi Kemacetan Jakarta


Rahmatul Fajri | Megapolitan

Antara
 Antara
Ilustrasi

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengakui sejumlah upaya yang telah dilakukan belum mampu mengurai kemacetan di DKI Jakarta.

Latif mengatakan sejumlah upaya untuk mengurangi kemacetan telah dilakukan, seperti rekayasa lalu lintas pada pagi dan siang hari. Kemudian pemberlakuan ganjil genap di ruas jalan Ibu Kota.

Meskipun demikian, upaya-upaya tersebut belum mampu mengurangi kemacetan secara signifikan.

"Memang masih belum mampu mengurai (kemacetan) secara sepenuhnya. Tetapi setidaknya ada sedikit upaya yang kita lakukan, ini betul-betul dirasakan masyarakat," kata Latif di Jakarta, Minggu (18/9).

Latif mengatakan untuk mengurangi kemacetan secara signifikan, pihaknya tengah mengusulkan adanya pengaturan jam kerja atau kegiatan masyarakat. Usulan tersebut, kata ia, masih dibahas bersama masyarakat dan instansi terkait.

"Ini juga masih bergulir karena perlu pengkajian dan seluruh elemen masyarakat untuk bisa bersama-sama untuk memecahkan permasalahan ini. Kami usulkan sehingga masyarakat bisa merasakan bersama-sama. Ini upaya yang mungkin sedang digodok oleh stakeholder lain," ujarnya.

Lebih lanjut, Latif mengakui upaya mengatasi kemacetan bukan kerja Polda Metro Jaya sendiri. Perlu adanya keterlibatan masyarakat dan pemangku kebijakan untuk membuat terobosan yang mampu mengatasi kemacetan di Jakarta.

"Tentu mengatasi masalah kemacetan di Jakarta ini kami tidak bisa berdiri sendiri, dalam artian kami bekerja sama dengan stakeholder lainnya," katanya. (OL-12)

BERITA TERKAIT