16 September 2022, 19:55 WIB

Ansor DKI Inisiasi Gerakan Sedekah Air Minum secara Gratis


Mediaindonesia.com | Megapolitan

DOK Pribadi.
 DOK Pribadi.
Ketua GP Ansor DKI Jakarta Muhammad Ainul Yakin SQ (dari kiri kedua).

SAAD bin Ubadah RA bertanya kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?" Beliau menjawab, "Memberi air." Berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW itu, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor DKI Jakarta menginisiasi gerakan sedekah air siap minum untuk masyarakat secara gratis. 

Gerakan berbagi atau sedekah air minum untuk warga merupakan upaya meringankan kebutuhan warga. "Ansor menginisiasi, mempelopori untuk mengajak seluruh pihak sama-sama bersedekah air untuk masyarakat yang membutuhkan karena hal tersebut merupakan anjuran Nabi," jelas Ketua GP Ansor DKI Jakarta Muhammad Ainul Yakin SQ sesaat setelah meresmikan gerakan sedekah air, Jumat (16/9). 

Ainul Yakin juga menjelaskan sedekah air sangat banyak manfaatnya sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nahl ayat 10. Ayat tersebut bermakna, "Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu. Sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan, padanya kamu menggembalakan ternakmu." 

Ia menekankan air gratis yang disiapkan untuk seluruh masyarakat tanpa ketentuan apapun dengan jumlah air yang tak terbatas. "Insyaallah mulai hari ini kami akan selalu menyediakan air untuk seluruh masyarakat, gratis, dan tidak ada syarat dan berapa pun jumlah yang dibutuhkan silakan datang ke kantor kami. Sudah ada petugas yang siap melayani," tambah Ainul Yakin. 

GP Ansor DKI Jakarta, kata Ainul, akan berusaha secara maksimal agar bisa terus berbagi dengan masyarakat di seluruh Jakarta dengan cara membuka depot sedekah air siap minum gratis di berbagai kecamatan di Jakarta. "Kami menargetkan di tiap kecamatan ada satu (depot). Di DKI kan ada 44 kecamatan. Kami berharap berikhtiar agar di tiap kecamatan ada satu titik," ujar dia.

Ia berharap gerakan sedekah air siap minum ini bisa menginspirasi banyak pihak untuk melakukan hal yang sama. "Insyaallah tidak berat jika satu sama lain meningkatkan kepedulian melalui sedekah air minum ini," pungkas Yakin.

Dalam peluncuran gerakan sedekah air juga dilakukan pembagian sembako kepada masyarakat sekitar. Turut hadir dalam peluncuran gerakan sedekah air minum gratis Aster Wali Kota Jakarta Selatan Said Ali dan Plt Kapolres Jakarta Selatan Kombes Yandri Irsan. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT