26 July 2022, 19:05 WIB

Pengaturan Jam Kerja Demi Kelancaran Lalu Lintas


Khoerun Nadif Rahmat | Megapolitan

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
 ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Kendaraan memadati jalan di kawasan Lenteng Agung, Jakarta.

KABID Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan bahwa pihaknya siap dengan usulan pengaturan jam kerja di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Zulpan menjelaskan pada prinsipnya Polda Metro Jaya siap mengamankan wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Pada prinsipnya Polda Metro Jaya siap mengamankan masyarakat Jakarta dan sekitarnya karena wilayah hukum dan Metro Jaya ini di samping Provinsi DKI juga ada Tangerang, Bekasi dan Depok," ujar Zulpan saat menemui awak media (26/7).

Pengaturan jam kerja ini menurut Zulpan merupakan demi kelancaran dalam berlalu lintas bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

"Kita akan menggelar kekuatan personil di lapangan khususnya lalu lintas untuk memberikan rasa aman kemudian kelancaran dalam dalam berlalu lintas kepada masyarakat," kata Zulpan.

Baca juga: Bangga Budaya Indonesia, Cintai Produk Lokal

"Kita siap mengamankan, tidak ada masalah bagi Polda Metro Jaya," imbuhnya.

Usulan mengenai aturan jam kerja ini sebelumnya dikemukakan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman guna mengurai kemacetan di kawasan Jakarta.

Pihak kepolisian sampai saat ini masih melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan akan dibahas jam masuk pagi bagi pekerja sektor esential dan kritikal.

"Pengertian kita nanti mungkin dibagi kritikal dan esensial, kritikal yang mana esensial yang mana, yang bisa diatur jam masuk. Malam pun sebetulnya ada jam kosong buat yang kerja malam, ada jam malam, sehingga seluruh jalur di Jakarta akan merata," ujar Latif (21/7). (OL-4)

BERITA TERKAIT