18 July 2022, 10:04 WIB

Hari Pertama PTM 100 Persen di 33 SMP Negeri Kota Depok Kondusif


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

dok.ant
 dok.ant
Sejumlah siswa berbaris saat memasuki ruang kelas untuk mengikuti Pembelajaran Tatap Muka 100% di SMPN 1 Depok, Depok, Jawa Barat, Senin

HARI pertama pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di seluruh SMP Negeri di Kota Depok berjalan lancar dan kondusif.

Seluruh peserta didik di SMP Negeri yang duduk dibangku kelas 9, 8 dan 7 yang sedang menggelar masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), dan termasuk guru/tenaga kependidikan terpantau semua menerapkan protokol kesehatan.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Depok Sutarno, mengatakan aman dan kondusifnya PTM 100 persen di seluruh SMP Negeri di Kota Depok tidak lepas dari peran orang tua para peserta didik yang mengawasi putra putrinya.

"Kita sudah mengimbau kepada orang tua dan guru supaya di dalam pelaksanaan PTM 100 persen ini tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, alhamdulillah semua mendukung imbauan kami," kata Sutarno saat meninjau kegiatan belajar mengajar (KBM) hari pertama di SMP Negeri 7 Kota Depok Senin (18/7).

Didampingi Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Depok Joko Sutrisno, Sutarno menuturkan berdasarkan pengawasan yang dilakukan, kegiatan PTM 100 persen di 33 SMP Negeri di wilayahnya berjalan kondusif dan tidak ada temuan kasus covid-19 pada klaster sekolah.

Selain itu, program vaksin anak sampai saat ini pun sudah berjalan dengan maksimal. Tercatat capaian vaksin anak sudah mencapai 100 persen.

Dengan capaian vaksin anak tersebut, Sutarno memastikan kegiatan PTM 100 persen di setiap sekolah di SMP Negeri bisa berlangsung dengan aman. " Kita menjalankan kebijakan Wali Kota agar PTM dengan kapasitas 100 persen pada seluruh sekolah di SMP Negeri berjalan kondusif, " ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) 33 SMP Negeri Kota Depok yang sekaligus Kepala SMP Negeri 19, Tatag Hadi Sunoto mengaku secara keseluruhan penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP Negeri di Kota Depok berjalan lancar dan sukses meski pelaksanaan daftar ulang waktunya sedikit.

"Waktunya sedikit cuma dua hari. Namun bagaimana supaya seluruh peserta didik bisa belajar di hari yang ditentukan, yakni Senin (18/7) operator kami harus lembur sampai malam, " ucapnya.

Seorang orang tua yang bernama Citra Lestari mengaku puas dengan PPDB SMP Negeri di Kota Depok yang berjalan baik di Kota Depok.

"Saya merasa senang dan terbantu dengan adanya sistem zonasi dimana tempat tinggal anak saya dekat dengan sekolah," katanya di SMP Negeri 11 Kota Depok di Kelurahan Sukatani Kecamatan Tapos.

Citra juga bersyukur atas sistem PPDB jenjang SMP Negeri yang diadakan secara online. Sistem ini, katanya mempermudah orang tua siswa dalam melakukan pendaftaran. "Tidak perlu ke sekolah, orang tua siswa tinggal mendaftarkan anaknya melalui link yang telah disiapkan Dinas Pendidikan Kota Depok," ujarnya (OL-13)

Baca Juga: Besok, Seluruh SMA Negeri di Kota Depok Siap Gelar PTM 100 Persen

BERITA TERKAIT