28 June 2022, 17:00 WIB

Normalisasi Kali Duri Pulo Ditarget Selesai Pertengahan Juli


Hilda Julaika | Megapolitan

MI/ANDRI WIDIYANTO
 MI/ANDRI WIDIYANTO
Sebuah alat berat sedang mengeruk lumpur di Kali Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

NORMALISASI saluran di Setia Kawan 10 dan 11, Kelurahan Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, ditargetkan selesai pertengahan Juli nanti. Saat ini, progres pengerjaan baru mencapai 65%.

Kasatpel SDA Kecamatan Gambir, Muhammad Imawan mengatakan, normalisasi saluran ini dilakukan dengan menguras lumpur, mengangkat sampah, serta memperbaiki tutup plat beton saluran. Ini menindaklanjuti permintaan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan warga yang disampaikan ke kelurahan setempat.

"Pekerjaan sudah dilakukan sejak sepekan lalu. Kami targetkan selesai pertengahan Juli nanti," katanya dalam keterangannya, Selasa (28/6).


Baca juga: Cegah Wabah PMK, Pemkot Jaksel Periksa Kesehatan 4.136 Hewan Kurban


Menurut Imawan, saluran di dua jalan ini masing-masing memiliki panjang 400 meter untuk sisi kanan dan kirinya. Sedangkan lebar dan kedalaman saluran sekitar 60 sentimeter.

"Ketebalan lumpurnya telah  mencapai 40 cm. Kami kerahkan 35 personel untuk normalisasi saluran ini," ungkap Imawan.

Hingga saat ini, lanjut Imawan, lumpur yang berhasil diangkat mencapai 120 meter kubik dan selanjutnya dibuang ke area PLTU Ancol, Jakarta Utara.

"Kami juga ganti coran penutup saluran dengan tutup plat beton ukuran 60 cm x 60 cm, supaya petugas ke depan lebih mudah membersihkan saluran," pungkasnya. (S-2)

BERITA TERKAIT