28 June 2022, 15:13 WIB

Cegah Wabah PMK, Pemkot Jaksel Periksa Kesehatan 4.136 Hewan Kurban


Hilda Julaika | Megapolitan

Antara
 Antara
Ilustrasi

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan telah melakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak 4.136 ekor hewan kurban.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan, Hasudungan A Sidabalok mengatakan, pihaknya mengerahkan tim pemeriksa kesehatan di 10 kecamatan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Total sebanyak 43 tempat penampungan hewan kurban (TPnHK) tersebar di 10 kecamatan telah disambangi tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan," ujar Hasudungan, Selasa (28/6).

Ia menjelaskan, pihaknya hingga saat ini telah memeriksa sebanyak 4.136 hewan kurban yang berada di 43 TPnHK se Jakarta Selatan. Ribuan ekor hewan kurban yang diperiksa terdiri dari 1.897 kambing, 1.672 sapi, 609 domba dan 32 kerbau.

"Pemeriksaan meliputi kondisi kesehatan, umur dan tidak mengalami cacat. Kami bersyukur hingga saat ini tidak ditemukan kasus Penyakit Mulut Kaki (PMK) dan ribuan hewan kurban memenuhi syarat yang telah ditetapkan," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga menerapkan sistem kandang karantina terhadap hewan kurban yang datang dari luar Jakarta Selatan untuk memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat.

"Hewan kurban yang masuk ke wilayah Jaksel wajib menyertakan surat keterangan pemeriksaan hewan dari daerah asal. Kemudian beberapa hari lamanya harus menjalani proses karantina sebelum dimasukkan ke dalam tempat penampungan," tandasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT