22 June 2022, 17:50 WIB

HUT Jakarta, DPR: Kemiskinan Masih Bayangi Kemajuan Kota


Hilda Julaika | Megapolitan

Antara
 Antara
Potret permukiman kumuh di kawasan Kebon Melati, Jakarta.

ANGGOTA DPR RI Dapil Jakarta, Kamrussamad, menilai pesatnya pembangunan di wilayah DKI Jakarta masih dibayangi persoalan kemiskinan. 

Pihaknya pun berharap seiring bertambahnya usia DKI Jakarta yang ke-495, kesejahteraan warga pun semakin meningkat.

"Tahun ini, HUT Jakarta ke-495 mengambil tema Jakarta Hajatan: Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi. Tema ini harus benar-benar mencerminkan kualitas kotanya, bukan hanya pada fisik kotanya,” pungkasnya dalam keterangan resmi, Rabu (22/6).

Baca juga: Oktober Bakal Lengser, Anies: Saya Masih Fokus Bekerja

"Jakarta sudah banyak perubahan fisik. Itu penting, agar Jakarta bisa bersaing dengan kota dunia lainnya. Namun, yang tidak kalah penting, Jakarta juga harus meningkat kesejahteraan dan kualitas hidup manusianya,” imbuhnya.

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), ada peningkatan jumlah warga miskin di Jakarta sebanyak 105.160 orang atau naik 0,89% pada periode 2017-2021. Kondisi ini merupakan masalah serius yang perlu diatasi Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Jakarta Catat 1.226 Kasus Covid-19 dI Hari Ulang Tahun

Diketahui, penetapan 22 Juni sebagai hari lahir Jakarta, dituangkan dalam Surat Keputusan Dewan Perwakilan Kota Sementara Djakarta Raja No.6/D/K/1956. Hari ulang tahun Jakarta yang diperingati setiap 22 Juni juga tak lepas dari sejarah kota bernama Jayakarta yang didirikan oleh Fatahilah.

Fatahilah mengganti nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta. Tepatnya, beberapa bulan setelah mengalami kemenangan mutlak atas bangsa Portugis pada 1527.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT