16 June 2022, 19:27 WIB

Kasus Covid-19 Kembali Naik, Ini Antisipasi Pemprov DKI Jakarta


Rahmatul Fajri | Megapolitan

MI/Andri Widiyanto
 MI/Andri Widiyanto
Tenaga Kesehatan melakukan tes usap kepada warga Jakarta

PEMEIRNTAH Provinsi DKI Jakarta mengantisipasi adanya peningkatan kasus covid-19 di Ibu Kota yang terjadi beberapa hari terakhir. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya telah menyiapkan tempat tidur, tenaga kesehatan, laboratorium, rumah sakit untuk mengantisipasi adanya peningkatan kasus covid-19.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun, dari 3.888 unit tempat tidur yang disiapkan, sejauh ini baru terpakai 184 unit. Begitu juga ICU dari total 626 yang disiapkan, baru terpakai 32 saja. 

“Itu artinya 5% (dari kapasitas). Jadi masih rendah. Kita bersyukur juga angka kematian nol,” katanya

Pria yang akrab disapa Ariza tersebut mengaku peningkatan kasus covid-19 beberapa hari terakhir disebabkan oleh tingginya mobilitas masyarakat saat libur Lebaran. Selain itu, ia menilai masyarakat juga telah abai terhadap protokol kesehatan.

Baca juga : 1.173 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

Maka dari itu, ia mengajak masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar terhindar dari paparan covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

"Kita mengajak masyarakat Jakarta untuk kembali patuh, taat, dan disiplin, serta bertanggung jawab untuk memperhatikan prokes sekalipun subvarian Omikron tidak berbahaya atau tidak sebahaya seperti Delta. Namun, kita jangan menganggap enteng, khususnya bagi orang tua atau lansia atau komorbid kita minta diperhatikan," katanya.

Diketahui, kasus covid-19 mengalani peningkatan beberapa hari terakhir. Hal itu terlihat dari adanya sebanyak 730 kasus Covid-19 dalam kurun waktu 24 jam hingga Rabu (15/6).

Dengan demikian, jumlah kasus Covid-19 di Ibu Kota kini berjumlah 1.255.114, terhitung sejak Maret 2020. (OL-7)

BERITA TERKAIT