16 June 2022, 18:48 WIB

Revitalisasi Permukiman Korban Kebakaran Pasar Gembrong Mundur ke Juli


Selamat Saragih | Megapolitan

Antara/Fakhri Hermansyah
 Antara/Fakhri Hermansyah
Foto udara dampak kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur

REVITALISASI permukiman korban kebakaran Pasar Gembrong, RW 001 Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, dijadwalkan dimulai pada Juni 2022, tapi akhirnya diundurkan. Kini masih dalam tahap perencanaan dan koordinasi.

"Insya Allah bulan Juli 2022 revitalisasi dimulai, sekarang kami finishing perencanaan, koordinasi. Jangan sampai di tengah jalan kami gagal. Kami pastikan dulu, yang dibangun 100 rumah lebih," ujar Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, saat dikonfirmasi, Kamis (16/6).

Dia menyebutkan, target selesai revitalisasi tetap September 2022.

"Mudah-mudahan tidak ada halangan. Akan dibuat kampung sehatlah di sana. Bersih, rapi, WC umum enggak ada lagi," ujar Anwar.

Sebelumnya, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Timur, Achmad Salahuddin, mengatakan, revitalisasi akan dimulai pada awal Juni 2022.

"Target September 2022 sudah kelar. Kami berharap Juni mulai revitalisasi," ujar Salahuddin, di Rumah Susun (Rusun) Cipinang Besar Utara, 23 Mei 2022.

Baca juga : Monas Dibuka Secara Bertahap Mulai Dari Kawasan Luar Tugu

Rencananya, permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembong akan direvitalisasi dengan konsep kampung warna-warni.

"Rencananya begitu kampung warna-warni. Konsepnya akan warna-warni seperti konsep yang di Kwitang, Jakarta Pusat, seperti kebakaran di Kwitang," ujar Plt Camat Jatinegara, Rudy Syahrul, 11 Mei 2022.

Konsep kampung warna-warni itu, lanjut Rudy, masih akan dimatangkan kembali. Sebab, masih ada tahapan-tahapan yang perlu dibahas.

Adapun kebakaran Pasar Gembrong terjadi pada Minggu (24/4) malam hingga Senin (25/4) dini hari.

Setidaknya ada 400 bangunan yang hangus terbakar dalam kejadian tersebut. Luas area yang terbakar mencapai 1.200 meter persegi. (OL-7)

BERITA TERKAIT