13 June 2022, 09:55 WIB

Operasi Patuh Jaya 2022, Penegakan Hukum Melalui ETLE


Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan

MI/Susanto
 MI/Susanto
Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi. 

OPERASI Patuh Jaya 2022 resmi digelar mulai hari ini, Senin (13/6) selama 14 hari ke depan. Apel gelar pasukan dipimpin langsung Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi di Mapolda Metro Jaya.

"Bahwa kita tidak menitikberatkan kepada operasi yang dilaksanakan secara stasioner di jalan maupun mengejar target 'menangkap' melakukan penindakan kepada pelanggar sebanyak-banyaknya, tidak," ujar Firman dalam sambutannya di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/6).

Menurut Firman, dalam operasi kali ini jajaran polisi lalu lintas akan dibantu dengan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Sehingga kepada anggota yang berada di lapangan hanya memberikan teguran kepada pelanggar.

Baca juga: Korlantas Polri Pastikan Tak Ada Tilang Manual dalam Operasi Patuh 2022

"Jadi kepada seluruh jajaran yang melaksanakan operasi ini kita menitikberatkan kepada kegiatan edukasi dan preventif. Kegiatan penegakan hukum akan kita laksanakan melalui kegiatan elektronik," jelas dia.

Lebih jauh, Firman mengungkapkan, operasi kali ini lebih ditujukan untuk meminimalisir angka kecelakaan dengan tingkat fatalitas yang tinggi.

Ia pun lebih menekankan kepada para pengendara untuk meningkatkan kesadaran dalam berlalu lintas.

"Tujuan utama operasi patuh yang dilakukan tahun 2022 ini adalah untuk memberikan perlindungan, pelayanann, dan kita tidak ingin terjadi aset aset bangsa harus kehilangan nyawa di tengah jalan," kata dia.

"Oleh karena itu, kepedulian dari kita semua petugas operasi patuh betul-betul ditingkatkan betul-betul bisa dikomunikasikan apa tujuan operasi kita ini," imbuhnya. (Far/OL-09)

BERITA TERKAIT