08 June 2022, 12:40 WIB

Jadi Stasiun Sentral, Kawasan Stasiun Manggarai Akan Dioptimalkan oleh DKI


Hilda Julaika | Megapolitan

MI/Andry Widyanto
 MI/Andry Widyanto
Stasiun Manggarai.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengoptimalkan fungsi kawasan Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan mulai dari pengaturan tata ruang dan integrasi antarmoda transportasi umum lainnya.

Hal ini sehubungan dengan dijadikannya Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral penghubung antar jalur kereta.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, kawasan Stasiun Manggarai nantinya tak hanya akan mengintegrasikan antarmoda, tapi juga tata ruang yang ada di sekitarnya. “Untuk ke depan beberapa akses akan dilakukan perbaikan dan juga akan dilakukan penambahan layanan yang tentunya sejalan dengan perubahan pola operasional dijalankan PT KAI," ujarnya dalam keterangannya, Rabu (8/6).

Syafrin menjelaskan, khusus untuk layanan Transjakarta, dari Stasiun Manggarai akan disesuaikan dengan layanan kereta api yang dibuat PT KAI nantinya. “Begitu ditetapkan keseluruhan, layanan antarkota antarprovinsi kereta api jarak jauh tadi masuk ke Manggarai. Kita akan dukung dengan layanan untuk Transjakarta,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan dioptimalkan, Terminal Manggarai nantinya dapat menjadi tempat parkir bus. Terutama di jam sibuk untuk menghindari adanya penumpukan bus di sekitar stasiun. Warga juga bisa langsung berjalan kaki menuju terminal yang jaraknya tidak jauh dari Stasiun Manggarai. "Saat ini Terminal Manggarai sudah ada dan akan dioptimalisasi fungsinya," tandasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT