05 June 2022, 15:48 WIB

Anies: Saat Ragu dan Cela Terus Disandangkan, Biarlah Kerja Bisa Membuktikan


Selamat Saragih | Megapolitan

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
 ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Pembalap Jaguar TCS Mitch Evans (kiri) beradu kecepatan dengan pebalap Tag Heuer Porsche Andre Lotterer (kanan) pada balapan Formula E.

FORMULA E atau Jakarta E-Prix telah selesai digelar pada Sabtu (4/6) di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Setelah pergelaran acara selesai, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengunggah foto-foto ajang balap mobil listrik tersebut melalui akun resmi Instagram @aniesbaswedan.

"Hari ini kami persembahkan untuk Ibu Pertiwi. Ketika hadir kesempatan untuk mengibartinggikan nama Ibu Pertiwi di hadapan dunia, kami tidak tunda untuk menyambutnya," tulis Anies, Sabtu.

Anies mengatakan, banyak tantangan yang mewarnai perjalanan pergelaran Formula E di Jakarta. Tapi tantangan-tantangan tersebut bisa diselesaikan hingga ajang Formula E berhasil digelar.

"Ketika tantangan bertubi-rubi hadir bersamanya, kami tidak lelah menuntaskannya. Ketika ragu dan cela terus disandangkan, kami katakan: biar waktu dan hasil kerja kami semua yang akan menjawab dan membuktikannya," kata Anies.

Baca juga: Balapan di Jakarta Selesai, Mobil Formula E Siap Terbang ke Maroko

"Semoga hari ini menyalakan harap dan meneguhkan tekad. Bahwa kita mampu hadirkan pagelaran global dengan kerja cepat dan mutu tinggi. Bahkan kita peduli dengan masa depan bumi, lingkungan yang lestari, dengan memanfaatkan teknologi," ungkanya.

Selain itu, Anies juga berharap Formula E menjadi ajang pembuktian yang membuka mata dunia, bahwa Jakarta adalah kota yang sejajar dengan kota megapolitan lainnya di dunia.

"Anak-anak kita bangsa Indonesia tidak bisa diremehkan. Kita tidak mau hanya berdiri di pinggir lapangan, dan tidak segan untuk berada di paling depan," tulis Anies.

Dalam unggahannya itu, Anies juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut bekerja dan mendoakan ajang Formula E.

Dia menambahkan, Formula E adalah persembahan Pemprov DKI Jakarta untuk Tanah Air.

"Atas izin Allah, kami persembahkan hari ini untuk Ibu Pertiwi, dan kami tidak akan berhenti di sini," kata Anies.

Seperti diketahui, banyak hal mewarnai perjalanan Formula E di Jakarta, mulai dari polemik lokasi sirkuit yang dipindah dari Monas ke Ancol, bergulirkan hak interpelasi di DPRD DKI Jakarta, hingga hantaman pandemi Covid-19 menyebabkan pergelaran Formula E mundur dari rencana awal 2020 ke 2022.

Jalan panjang Jakarta menjadi tuan rumah Formula E selengkapnya bisa dibaca di sini:

Juara Lomba Formula E

Adalah pembalap Jaguar TCS Racing, Mitch Evans, ke luar sebagai pemenang balapan Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix 2022. Ini adalah kemenangan ketiga Mitch Evans di Kejuaraan Dunia Formula E tahun 2021-2022.

Balapan Formula E Jakarta 2022 kemarin berjalan sangat sengit, terutama ketika para pebalap mengaktifkan attack mode ataupun fanboost untuk menyalip.

Mitch Evans pada akhirnya berhasil ke luar sebagai pebalap pertama yang melintasi garis finis Formula E Jakarta 2022.

Momen kunci kemenangan Evans terjadi pada menit ke-39 balapan. Evans kala itu berhasil menyalip Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) di tikungan 7 JIEC untuk mengambil alih pimpinan balapan.

Sejak saat itu, mantan rekan satu-tim Sean Gelael di GP2 ini tidak lagi terkejar hingga garis finis. (Ssr/OL-09)

BERITA TERKAIT