03 June 2022, 17:06 WIB

Anies: Formula E Semangatnya Keberlanjutan Lingkungan


Dhika Kusuma Winata | Megapolitan

dok.Ant
 dok.Ant
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (keempat kiri), Ketua Formula E Jakarta Ahmad Sahroni (ketiga kiri), Chief Championship Officer Formula 

KEJUARAAN dunia balap mobil listrik Formula E seri ke sembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), akan menjadi ajang bagi ibu kota mengajak masyarakat berpartisipasi membangun kota yang ramah lingkungan. Dengan ajang Jakarta E-Prix ibu kota turut ambil bagian dalam upaya menghadapi perubahan iklim dengan mempromosikan kendaraan ramah lingkungan.

Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di media centre JIEC, kawasan Ancol, Jakarta, seusai melakukan pengecekan akhir kesiapan penyelenggaraan Jakarta E-Prix, Jumat (6/3).

"Ini adalah event olahraga yang ditonton di lebih dari 150 negara dan Jakarta hadir memberikan pesan kepada dunia bahwa Jakarta ikut ambil tanggung jawab dalam menghadapi climate change, global warming, dengan memulai transformasi menuju kendaraan ramah lingkungan," ucap Anies.

Selain menjadi event olahraga dan hiburan, balapan jet darat listrik itu diharapkan menjadi sarana menggaungkan pesan untuk penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Anies menuturkan Jakarta menetapkan target akan mengurangi efek gas rumah kaca sebesar 30% pada 2030.

Saat ini, kata Anies, Jakarta sudah berhasil menurunkan emisi sebesar 26%. Target pada 2030 pun diharapkan bisa tercapai lebih cepat lima tahun yakni pada 2025.

"Jadi balap mobil ini bukan sekadar balap mobil biasa tapi dengan semangat keberlanjutan lingkungan hidup. Karena itu efeknya bukan hanya ekonomis tapi juga ekologis," imbuhnya.

Jakarta juga menetapkan net zore emission pada 2050. Anies mengatakan untuk mengejar itu pemprov mengerjakannya mulai dari mengonversi bis-bis yang menggunakan bahan bakar fosil diganti dengan memakai listrik.

Tahun ini Jakarta menargetkan 200 bis listrik dioperasikan. Ke depan, imbuh Anies, semua pengadaan bis baru akan menggunakan energi listrik.

"Formula E ini adalah sebuah momen penting di dalam perjalanan sejarah kota kita untuk menuju kota yang ramah lingkungan, kota yang ikut menyelamatkan planet karena kita bersama-sama mencoba mengurangi efek rumah kaca di tanah kita sendiri," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Ke Tebet Eco Park Enaknya Naik Transportasi Umum, Begini Caranya

BERITA TERKAIT