03 June 2022, 11:00 WIB

Anies: Keterjangkauan Transportasi Umum di DKI 82 Persen


Hilda Julaika | Megapolitan

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
 ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi transportasi umum di DKI Jakarta

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan keterjangkauan transportasi umum atau publik di Jakarta untuk diakses warga sudah mencapai 82%.

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta memulai untuk membangun transportasi umum agar masyarakat bisa secara nyaman melakukan mobilitas menggunakan transportasi umum bukan kendaraan pribadi.

“Itu jangkauannya sekarang sudah 82%, di 2016 itu masih 42%,” kata Anies saat merayakan World Bicycle Day di Jakarta, Jumat (3/6).

Ia menjelaskan, saat ini penumpang harian atau daily ridership juga meningkat dari 350 ribu per hari menjadi 1 juta per hari. Hal ini karena jangkauannya transportasi yang luas.

“Dengan cara itu lah kita bisa mengajak masyarakat menggunakan kendaraan umum,” jelasnya.

Baca juga: Dewan Transportasi Kota Jakarta Setuju Titik Gage DKI Diperluas

Kemudian, kendaraan umum saat ini dalam proses transformasi dari berbasis Bahan Bakar Minyak (BBM) berubah menjadi berbasis listrik. Ia mengatakan, dalam proses transformasi tersebut, sudah 30 kendaraan berbasis listrik. Dengan target pada akhir tahun ini bisa mencapai 100 kendaraan.

“Harapannya nanti di 2030 seluruh kendaraan umum berbarsis listrik,” imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya juga mendorong penggunaan sepeda. Karena sepeda ini juga kendaraan yang bebas emisi. Dengan saat ini sudah terbangun kurang lebih 90 kilometer jalur sepeda.

“Nanti diharapkan dapat 500 km dari jalur sepeda di Jakarta. Lalu kita ingin dengan cara seperti itu jumlah polutan berkurang, di sisi lain kita membangun dan merenovasi lebih dari 100 taman di Jakarta selama 4 tahun ini. Di situ akan produksi oksigen, udara yang bersih,” ungkapnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT