02 June 2022, 09:48 WIB

Fasilitas Pengelolaan Sampah Akan Dibangun di Kawasan Tebet


Hilda Julaika | Megapolitan

Antara
 Antara
Ilustrasi

Fasilitas Pengelolaan Sampah Antara (FPSA) akan dibangun di sekitar kawasan Tebet Eco Park, Jakarta Selatan.

Camat Tebet, Dyan Airlangga mengatakan, FPSA yang akan dibangun di wilayahnya berlokasi di sisi utara kawasan Tebet Eco Park atau persisnya di sebelah Panti Sosial Bina Remaja.

"FPSA yang akan dibangun di Kecamatan Tebet merupakan pilot project dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta. Lokasi dan kebijakan sudah siap sehingga diharapkan terealisasi pada tahun 2022," ujar Dyan dalam keterangannya, Kamis (2/6).

Ia memaparkan, sejak dibuka untuk umum, puluhan ribu warga berkunjung ke kawasan Tebet Eco Park khususnya pada saat hari libur atau akhir pekan.

"Alhasil, Tebet Eco Park menjadi salah satu kawasan di Kecamatan Tebet yang menghasilkan sampah terbanyak dari pengunjung," paparnya.

Ia menjelaskan, koordinasi antara Kecamatan Tebet bersama instansi terkait menyepakati pembangunan FPSA dibangun di sekitar kawasan Tebet Eco Park.

"Sampah anorganik dan organik pengunjung Tebet Eco Park dan permukiman warga di sekitarnya akan diolah di FPSA terlebih dahulu, sebelum hasil reduksi akhir dibuang ke TPST Bantar Gebang," jelasnya.

Ia optimistis, keberadaan FPSA di Kecamatan Tebet nantinya berdampak terhadap berkurangnya volume sampah yang akan dibuang ke TPST Bantar Gebang.

"Untuk itu, kami berharap FPSA di Kecamatan Tebet segera terealisasi tahun 2022," tandasnya. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT