30 May 2022, 07:36 WIB

Transjakarta Siapkan Antisipasi Lonjakan Pelanggan di Stasiun Manggarai


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

dok.Ant
 dok.Ant
Penumpang KRL menunggu kereta lanjutanya di stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.

KEBIJAKAN perubahan pola operasi perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Dimana Stasiun Mangarai diubah menjadi stasiun transit penumpang dari Bogor, Depok dan Bekasi dipastikan akan membludak

Hal tersebut membuat PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyiapkan penyesuaian layanan guna mengurangi penumpukan penumpang di Stasiun Mangarai.

"Transjakarta melakukan penambahan sebanyak lima unit single bus pada layanan Manggarai - Blok M (6M)," kata Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Iwan Samariansyah dalam keterangan tertulis, Minggu (29/5) malam.

Masyarakat juga tetap bisa memanfaatkan layanan yang sudah ada, yaitu Manggarai - UI (4B), Pulogadung - Tosari (Koridor 4) dan Pulogadung - Kuningan (4D). Masing-masing rute beroperasi dengan kapasitas penuh yakni 50-60 orang pelanggan dan waktu tunggu lima menit.

Pelanggan diminta untuk tetap memenuhi aturan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku selama Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melakukan switch over (SO) 5 di Stasiun Manggarai mulai 28 Mei lalu. Hal ini berdampak pada perubahan layanan operasi rute KRL.

Bagi penumpang KRL Bogor/Nambo/Depok-Jatinegara kini tidak bisa langsung menggunakan satu KRL melainkan harus transit di Stasiun Manggarai. Rute Bogor/Depok/Nambo kini hanya melayani tujuan Jakarta Kota.

Sementara itu, rute Bekasi/Cikarang kini juga tidak melayani tujuan Jakarta Kota tetapi melayani loop line Jatinegara/Pasar Senen/Kampung Bandan/Angke serta Jatinegara/Matraman/Sudirman/Tanah Abang.

Bagi penumpang asal Bekasi/Cikarang yang hendak ke Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai. (OL-13)

baca juga: KAI Diminta Tinjau Ulang Penghapusan KRL Bogor-Tanah Abang

BERITA TERKAIT