29 May 2022, 14:42 WIB

IKA Undip DKI Jakarta Siap Bermitra dengan Pemprov Realisasikan Program


mediaindonesia.com | Megapolitan

Ist
 Ist
Acara Rakernas DPD IKA Undip sekaligus Halal Bihalal dilaksanakan di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta,  

PERAN organisasi akan lebih dimaksimalkan lagi dalam melayani anggota dan masyarakat luas. Untuk itu, dibutuhkan konsolidasi dan fokus terhadap program-program kerja agar terjadi kesinambungan dalam penerapannya.

Menyadari hal tersebut, Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) Provinsi DKI Jakarta mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) guna pemantapan program-program kerja dalam lebih memaksimalkan peran organisasi.

"Dalam Rakerda ini, sudah disusun sejumlah program kerja yang diharapkan mampu diterapkan, baik di tingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IKA Undip DKI Jakarta," kata Noor Rachmad Ketua DPD IKA Undip DKI dalam keterangan pers, Minggu (29/5).

Acara Rakernas DPD IKA Undip sekaligus Halal Bihalal dilaksanakan di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, pada Jumat (27/5)-Sabtu (28/5).

Baca juga: Jakpro Pamerkan Mobil Balap Formula E di Bundaran HI

Untuk itu, dibutuhkan soliditas dan keguyuban dalam organisasi agar program-program kerja tersebut bisa diimplementasikan.

Beberapa program kerja yang akan diterapkan, antara lain memaksimalkan database alumni Undip di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, diprogramkan jambanisasi, khususnya bagi masyarakat agar memiliki jamban yang sehat. Juga akan dijalankan adalah penanggulangan banjir akibat rob.

"Nantinya, kami akan menanam mangrove di kawasan pantai di Jakarta," urai Noor.

Hal lainnya, sambung alumni Fakultas Hukum Undip angkatan 1979 ini, para alumni sepakat melaksanakan pendampingan hukum bagi anggota dan masyarakat yang membutuhkan. Juga melakukan penyuluhan hukum terhadap khalayak luas.

Juga rencananya akan dibuat kegiatan wirausaha yang juga tujuannya menjadi modal dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan lainnya.

"Dalam menjalankan berbagai program ini, tentunya kami akan bermitra dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ungkapnya. 

Noor berharap agar para anggota benar-benar ikut merasa memiliki organisasi sebagai tempat berkreasi.

Dengan begitu, maka semua anggota bisa aktif di organisasi, sehingga semakin banyak hal bisa dijalankan.

Dukungan besar juga disampaikan Kushartanto Koeswiranto, Wakil Ketua IKA Undip DKI Jakarta.

"Semua alumni harus merasa memiliki organisasi ini. Dengan begitu, maka dukungan terhadap berbagai program akan semakin besar," tuturnya.

Kushartanto juga menilai program-program yang dibahas juga baik dan membumi. "Saya berharap hal tersebut bisa terlaksana dengan baik dengan penuh kesolidan dan keguyuban," pungkasnya.

Ia juga mengharapkan estafet kepemimpinan di IKA Undip DKI bisa berjalan baik. "Kita mendorong lahirnya pemimpin-pemimpin baru yang bisa menjalankan roda organisasi IKA Undip ini kedepannya," cetusnya. 

Selain Rakerda dan Halal Bihalal, para peserta juga berkesempatan mengadakan kerja bakti membersihkan sampah di sepanjang pantai Ancol.

"Ini bentuk komitmen dari para alumni untuk memelihara kebersihan, terkhusus di daerah pantai," ujar Teguh, Ketua Panitia Rakerda. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT