24 May 2022, 11:12 WIB

Anies Jelaskan Alasan Ganti HUT Jakarta Jadi Hajatan


Anies Jelaskan Alasan Ganti HUT Jakarta Jadi Hajatan | Megapolitan

MI/VICKY GUSTIAWAN
 MI/VICKY GUSTIAWAN
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat diwawancarai.

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengganti 'hari ulang tahun' menjadi 'hajatan' untuk memperingati hari jadi Jakarta ke-495.

Hal tersebut disampaikan saat membuka rangkaian Hajatan Jakarta ke-495 di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5).

Anies mengatakan memilih kata 'hajatan' karena lekat kaitannya dengan suasana Betawi.

"Tahun ini kita mulai gunakan istilah menggantikan nama dari ulang tahun, tapi menjadi Jakarta Hajatan, dan hajatan itu istilah yang sangat Betawi. Ini adalah istilah kita di masyarakat Betawi," ujar Anies di Pulau Bidadari, Selasa (24/5).

Lebih lanjut, Anies mengatakan dalam Hajatan Jakarta tahun ini, Pemprov DKI Jakarta mengusung tema 'Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi'. Ia mengatakan tiga hal tersebut dilakukan mempercepat pembangunan di Ibu Kota.

"Apa pentingnya? Kolaborasi kerja sama, kita selama ini kerjakan dengan prinsip kolaborasi, kesetaraan, saling support. Kedua akselerasi, kita ingin melalukan percepatan dalam banyak hal, termasuk di Kepulauan Seribu," kata Anies.

Baca juga: HUT Ke-495 Kota Jakarta Bakal Dimeriahkan Niki, Rich Brian, dan Raisa

Selain itu, Anies juga menjelaskan alasan membuka rangkaian Jakarta Hajatan di Pulau Bidadari. Ia mengatakan dengan membuka di Pulau Bidadari, menjadi pesan bahwa Jakarta merupakan kota yang tidak hanya memiliki kota di daratan, tapi juga memiliki kepulauan.

"Jakarta terdiri dari daratan luas dan 111 pulau yang merupakan ini adalah bagian kita. Tidak ada kota di dunia yang memiliki kawasan kepulauan seperti Jakarta. Ada yang memiliki satu dua pulau, tapi kepulauan hanya di Jakarta," ujarnya. (Faj/OL-09)

BERITA TERKAIT