22 May 2022, 07:15 WIB

Revitalisasi Pasar Petak Sembilan Perlu Kolaborasi


Theofilus Ifan Sucipto | Megapolitan

ANTARA/Hafidz Mubarak A
 ANTARA/Hafidz Mubarak A
Warga berjalan di kawasan lapak pedagang kaki lima (PKL) Petak Sembilan, Glodok, Jakarta.

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Jakarta Barat didorong menggandeng berbagai pihak untuk merevitalisasi Pasar Petak Sembilan. Hal itu supaya proses dan hasil revitalisasi kian ciamik.

“Kami mendorong Pemkot Jakarta Barat berkolaborasi dengan pihak swasta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dan Kementerian Perdagangan,” kata Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/5).

Wibi mengatakan Pasar Petak Sembilan merupakan salah satu ikon kawasan Pecinan. Kawasan tersebut memiliki daya tarik khusus bagi masyarakat.

Baca juga: Kebakaran Pasar Ciputat Momentum Pemkot Tangsel Lakukan Revitalisasi

“Maka dari itu, penataan kawasan penting dilakukan untuk terciptanya kebersihan, kerapian, dan kenyamanan bagi pedagang maupun pembeli,” ujar anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta itu.

Wibi juga berharap hasil revitalisasi tidak mengganggu lalu lintas jalan. Kemudian juga harus memastikan pengaturan pencahayaan yang baik dan udara yang sehat.

“Termasuk jaminan keamanan, tersedianya tempat pembuangan sampah yang memadai, adanya pengaturan lalu lintas yang lancar, dan tersedianya pusat informasi penerangan,” papar dia.

Selain itu, Wibi menekankan pentingnya pelatihan kepada pedagang bila terjadi kebakaran. Pasalnya, kebakaran di pasar kerap terjadi akibat saluran pipa air dan instalasi listrik yang kurang baik.

“Upaya ini juga dapat dikatakan sebagai bentuk political will dari Pemkot Jakarta Barat,” tutur dia. (OL-1)

BERITA TERKAIT