19 May 2022, 14:55 WIB

DKI Ungkap Banyak Truk Tinja Buang Limbah Di Saluran Air


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Dok. MI
 Dok. MI
Ilustrasi pekerja membersihkan tanki mobil limbah di wilayah Jakarta.

DINAS Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengungkapkan kejadian truk tinja swasta yang membuang limbahnya di saluran air dan terpotret masyarakat pada Rabu (18/5) lalu.

Menurut Dinas Lingkungan Hidup, itu bukan kejadian yang pertama. Pihaknya sudah pernah beberapa kali menemukan kejadian serupa, di mana sopir atau awak angkutan truk tinja sengaja membuang tinja ke saluran air.

"Kita sering melakukan pengawasan di lokasi rawan. Sudah beberapa kali pernah kita menangkap," ujar Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Yogi Ikhwan, Kamis (19/5).

Baca juga: BUMD DKI Belajar Kembangkan Pariwisata Jakarta ke Kota London

Lebih lanjut, dia menjelaskan lokasi rawan tersebut mencakup Jalan DI Panjaitan, tepatnya di belakang Kantor Wali Kota Jakarta Timur. Modus yang digunakan ialah awak sopir truk berpura-pura memarkirkan kendaraan di pinggir trotoar.

Saat sepi, awak angkutan truk mengeluarkan selang dan mengarahkannya ke saluran air. Adapun penutup saluran air sebelumnya sudah diangkat.

Mereka umumnya pengusaha penyedotan tinja yang melakukan penyedotan tanki septik ke rumah warga. "Idealnya, mereka kerja sama dengan PD PAL Jaya untuk menyetorkan limbahnya. Itu dengan membayar sejumlah tarif retribusi," papar Yogi.

"Tetapi, ada yang malas dengan alasan repot untuk ke kantor PAL Jaya, atau memang malas membayar retribusi. Padahal tarifnya tidak mahal," imbuhnya.

Baca juga: Kecelakaan Truk Pertamina, Pertalite Tumpah ke Jalan

Pihaknya pun sudah memberikan berbagai sanksi kepada pelanggar. Mulai dari denda Rp500 ribu hingga penahanan terhadap kendaraan truk tinja, agar oknum tersebut jera.

Masyarakat yang ingin melakukan penyedotan tanki septik, diimbau menghubungi Dinas Lingkungan Hidup atau PD PAL Jaya. Sehingga, limbah warga dapat dikelola secara resmi. 

Pasalnya, meski memiliki izin usaha penyedotan tanki septik, namun banyak oknum yang nakal dan tidak bekerja sama membawa limbah tinja ke PD PAL Jaya.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT