18 May 2022, 08:08 WIB

Sambut Baik Pelonggaran Masker, Wagub DKI: Pandemi Terkendali


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
 ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Warga berjalan di trotoar kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambut positif kebijakan pelonggaran pemakaian masker yang diputuskan Presiden Joko Widodo. Riza mengatakan hal itu menandai Indonesia sudah semakin membaik dalam menangani pandemi.

"Kami ikut senang bersyukur dan mendukung. Itu menandai bahwa di Jakarta, di Indonesia, kita sudah mulai semakin membaik terkait masalah covid-19. Kalau sudah bisa dibuka sekalipun di ruang terbuka itu satu tanda yang sangat baik tentu kami senang dan mendukung," ujarnya di Balai Kota, Selasa (17/5) malam.

Namun, ia mengingatkan, bagi warga lansia serta warga yang memiliki penyakit komorbid, bahwa mereka masih rentan. Oleh sebab itu, warga tersebut belum bisa melepaskan masker di luar ruangan.

Baca juga: Pemakaian Masker Dilonggarkan, Pasien Covid-19 Tetap Diwajibkan Prokes

Politikus Partai Gerindra itu pun menegaskan Jakarta siap menyesuaikan kebijakan dengan keputusan pemerintah pusat.

"Insyallah kebijakan apapun yang diputuskan pemerintah pusat kami bisa dengan cepat menyesuaikan mengikuti kebijakan dan melaksanakn kebijakan tersebut," tuturnya.

Ia juga menambahkan kebijakan yang diambil presiden sudah dipertimbangkan dengan matang melalui serangkaian kajian. Terlebih di beberapa negara Eropa sudah banyak yang lebih dulu melakukan kebijakan serupa.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pelonggaran pemakaian masker bagi warga. Jika beraktivitas di luar ruangan, warga tidak perlu memakai masker. Namun, masker masih wajib digunakan di dalam ruangan serta di angkutan umum.

Bagi warga yang memiliki komorbid dan lansia, serta memiliki gejala flu seperti batuk dan pilek, tetap diwajibkan memakai masker di manapun. 

Selain itu, untuk warga yang sudah divaksin dosis lengkap tidak perlu melakukan tes swab dalam melakukan perjalanan di dalam maupun luar negeri. (OL-1)

BERITA TERKAIT