13 May 2022, 13:23 WIB

Anies Jadi Korban Rasisme, Riza: Mari Saling Menghormati


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/M Irfan
 MI/M Irfan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza P

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta agar seluruh pihak saling menghormati satu sama lain. Hal itu ia katakan kala menanggapi pertanyaan awak media terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menjadi korban rasisme yang dilakukan oleh politikus PDIP Ruhut Sitompul.

Sebelumnya, Ruhut mengunggah editan foto wajah Anies yang menggunakan pakaian adat Papua. Dalam unggahannya di Twitter tersebut, Ruhut menuliskan kalimat cuitan "Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri kali sip deh".

Cuitan itu diunggah pada 11 Mei 2022 dan banyak diprotes oleh warganet karena dianggap menghina Betawi dan Papua sekaligus. Ruhut juga dituduh menghina Anies Baswedan melalui foto editan tersebut.

"Tentu kita sebagai warga bangsa harus saling menjaga, saling menghormati. Jadi mari kita menghindari penggunaan medsos untuk kepentingan-kepentingan tertentu yang tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan," kata Riza di Balai Kota DKI, Kamis (12/5).

Baca juga: Verona Dihukum Akibat Ulah Rasis Pendukung Mereka

Riza juga mengajak seluruh pihak untuk tetap menjaga kondisi sosial kondusif dan aman dari konflik. Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman suku dan budaya sehingga perbedaan sudah menjadi kodrat bagi warga Indonesia dan harus dihormati.

"Semua perbedaan itu hak ya, kita negara yang demokrasi boleh banyak pilihan. Mulai dari pilihan partai pilpres dan pilkada sampai pilkades itu hak semua warga. Termasuk nanti caleg dapil mana. Tapi yang penting kita harus memahami dan meyakini bahwa kita semua ini keluarga besar Indonesia, keluarga besar Jakarta ini apalagi Jakarta sebagai kota yang sangat heterogen yang sangat prural di sini banyak suku, agama, banyak seni budaya dan adat istiadat," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT