09 May 2022, 09:30 WIB

Wagub DKI Klaim JIS Layak Gelar Final Piala Dunia


Basuki Eka Purnama | Megapolitan

AFP/ADEK BERRY
 AFP/ADEK BERRY
Jakarta International Stadium

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan Jakarta International Stadium (JIS) layak menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola dunia, di antaranya untuk final Piala Dunia.

"Singkatnya, Jakarta Internasional Stadium layak untuk final Liga Champion, bahkan final Piala Dunia," cicit Riza Patria melalui akun Instagram @arizapatria, dikutip Senin (9/5).

Ia menyebut beberapa indikator yang mendukung JIS di antaranya kapasitas 82 ribu kursi hingga atap yang mampu buka tutup (retractable roof).

Baca juga: Anies Harap The Jakmania Ikut Berperan Menjaga dan Merawat JIS

Bahkan, lanjut dia, kecanggihan teknologi di atap JIS itu tidak dimiliki lapangan sepak bola yang menjadi markas klub bola dunia seperti Anfield, yang menjadi kandang klub Liverpool, dan markas Manchester United, Old Trafford, serta stadion lainnya.

Saat ini, politikus Partai Gerindra itu sedang berada di London, Inggris untuk menjenguk putrinya yang sedang menempuh pendidikan tingkat lanjut di Universitas Newcastle.

Di sela-sela liburan di Inggris, Riza menyempatkan berkunjung ke beberapa stadion klub bola Eropa di antaranya Stadion Anfield, markas Liverpool dengan kapasitas 54,074 tempat duduk.

Selain itu, ke stadion Old Trafford kandang Manchester United yang sanggup menampung 76.000 kursi.

"Kami patut bangga, Jakarta sudah punya JIS dengan kapasitas 82.000 tempat duduk," ucapnya.

Di sisi lain, Riza mengatakan sepak bola telah menjadi industri di negeri Ratu Elizabeth itu.

Dia mengungkapkan kepercayaan pihak swasta untuk menjadi sponsor dan berinvestasi pada klub-klub sepak bola di Eropa merupakan hal yang perlu dipelajari, didalami, dan diterapkan di Indonesia.

"Kami berharap, semoga saat ini Persija dan klub Indonesia lainnya sedang menjalani tahapan-tahapan menuju klub kelas dunia seperti Liverpool, MU, Real Madrid, Bayer Muenchen, AC Milan, dan lainnya," ucapnya.

Ia berharap pemain bola asal Indonesia mampu menembus klub dunia dengan bayaran yang tentunya fantastis.

Potensi itu, kata dia, cukup besar mengingat anak-anak asal Indonesia sudah mampu menembus kampus terbaik dunia di antaranya Oxford, Stanford, Harvard, MIT, dan Cambridge.

Riza menyebut gaji pemain seperti Mohamed Salah mencapai Rp3,7 miliar per pekan dan Cristiano Ronaldo Rp7,1 miliar per pekan.

Tentunya, kata dia, pendapatan klub-klub sepak bola di Inggris terbilang besar sehingga berani menggaji pemain dengan angka fantastis itu.

"Kalau anak-anak Indonesia mampu menembus kampus-kampus terbaik di dunia, mestinya anak-anak Indonesia juga mampu menembus dan bermain di klub-klub seperti Liverpool, Manchester United, Chelsea," pungkasnya. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT