04 May 2022, 10:13 WIB

Sejumlah Jalan Ke Tempat Wisata Macet, Ini Langkah Antisipasi Dishub DKI


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
 ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi

LIBUR lebaran dimanfaatkan warga di sekitar Jabodetabek yang tidak mudik untuk mengunjungi objek wisata seperti Ragunan hingga Taman Impian Jaya Ancol. Jalan-jalan menuju lokasi wisata tersebut pun dilanda kemacetan parah.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan pihaknya melakukan antisipasi guna mengatasi kemacetan tersebut.

"Kami melakukan beberapa hal seperti penambahan personel/petugas unruk pengaturan lalu lintas di kawasan-kawasan wisata," kata Syafrin saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (4/5).

Kemudian, ia juga menyebutkan pada saat terjadi kepadatan lalu lintas, Dishub DKI berkoordinasi dengan jajaran kepolisian untuk menerapkan rekayasa lalu lintas operasional pada jaringan jalan lokal, antara lain dapat berupa SSA/Sistem Satu Arah dan kanalisasi jalur kendaraan roda dua menuju lokasi wisata dan penerapan sistem buka-tutup arus lalu lintas yang akan masuk menuju kawasan wisata.

"Kami juga melakukan penertiban parkir liar bagi kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya dan menyebabkan bottle neck di ruas-ruas jalan menuju lokasi wisata," tuturnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan angkutan umum yang telah tersedia menuju kawasan wisata, seperti layanan Transjakarta termasuk layanan pengumpan angkutan mikrotrans, MRT, LRT, KRL, taksi, maupun layanan angkutan sewa khusus/online.

Sementara itu, Corporate Communication Manager Taman Impian Jaya Ancol Eko Nugroho mengatakan pada Selasa, 3 Mei 2022 per pukul 19.00 WIB pengunjung Ancol mencapai 70 ribu orang. Jumlah ini meningkat dari jumlah pengunjung pada hari yang sama pukul 15.00 WIB yakni 58 ribu orang.

Jumlah inipun kian mendekati ambang batas maksimal kapasitas pengunjung Ancol secara keseluruhan selama masa PPKM level 2 yakni 90 ribu orang. Membludaknya pengunjung membuat kemacetan tak hanya terjadi di jalan menuju Ancol tetapi juga di dalam Ancol. Para pengunjung kesulitan menemukan lokasi parkir karena padatnya kendaraan pribadi pengunjung yang masuk. (OL-12)

BERITA TERKAIT