27 April 2022, 11:49 WIB

Pasar Pucung di Kota Depok Terbakar, Puluhan Kios Ludes


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

dok.Ant
 dok.Ant
ilustrasi: kebakaran

PASAR Pucung di Jalan Raya Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Kalimulia, Kecamatan Cilodong Kota Depok terbakar, menyebabkan sebagian besar lapak dan ruko milik para pedagang di komplek pasar tradisional itu tidak terselamatkan.

Kepala Bidang Penyelamatan dan Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Kota Depok Welman Naipos-pos menjelaskan, peristiwa kebakaran yang melanda pasar rakyat itu terjadi akibat ledakan kompor gas elpiji dari salah satu kios makanan.

"Untuk memadamkan kobaran api, petugas PKP mengerahkan seluruh armada pemadam kebakaran sehingga kobaran api tersebut tidak meluas," kata Welman, Rabu (27/4)

Welman menjelaskan saat ini amuk sijago merah sudah berhasil dipadamkan sementara petugas masih memantau dan melihat perkembangan di lapangan.

“Sampai sekarang terdapat puluhan kios yang terbakar. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, rumah warga juga tidak ada yang terbakar meski berdekatan dengan permukiman, " ujarnya.

Puluhan kios dan los yang terdampak kebakaran rata-rata ditempati oleh pedagang sayuran, kelontong, makanan, mainan anak, dan karpet,” ungkap Welman.

Dijelaskan bahwa para pedagang sangat berduka atas kebakaran di pasar yang dikelola swasta itu. Peristiwa ini baru pertamakali dialami pasar Pondok Pucung.

Ia juga menjelaskan pasar tradisional tersebut tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) dari Pemerintah Kota Depok. "Puluhan kios itu tak ber-IMB. Waktu menjabat sebagai Kepala Bidang Penertiban Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), puluhan kios disana pernah saya tertibkan dan segel, "imbuhnya (OL-13)

Baca Juga: Polri Mulai Berlakukan Contraflow di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek

BERITA TERKAIT