24 April 2022, 15:45 WIB

Antisipasi Mudik, Belum Ada Kebijakan Libur Sekolah Lebih Awal


Hilda Julaika | Megapolitan

Antara/Fauzan.
 Antara/Fauzan.
Sejumlah calon penumpang kereta api menunggu jadwal keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (23/4/2022).

KEPALA Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Taga Radja Gah, mengonfirmasi belum ada rencana penetapan libur anak sekolah di Jakarta dipercepat. Ini terkait saran dari Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria agar pemudik bisa mengatur kepulangan lebih awal untuk mengurangi kepadatan mudik.

"Saya belum dapat informasinya. Namun memang belum ada kebijakan baru dan belum ada informasi atau pembicaraan," kata Taga kepada Media Indonesia, Minggu (24/4). Sejauh ini, jadwal libur anak sekolah di Jakarta masih sesuai dengan kalender Pendidikan.

"Libur mulai 29 April, masih pakai itu dulu. Iya masih sesuai kalender pendidikan," imbuhnya.

Sebelumnya, Riza menyarankan untuk menghindari terjadinya kepadatan atau kemacetan, Riza mengimbau agar para pemudik bisa mengatur atau menjadwalkan keberangkatan lebih awal. "Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kemacetan kendaraan baik di ruas jalan tol maupun tempat-tempat lain yang digunakan saat arus mudik. Saya minta masyarakat cerdas mengatur jadwal mudik dan balik ke Jakarta," terangnya.

Baca juga: Dinas Bina Marga Tambah 27.000 Titik PJU Tahun Ini

Ditambahkannya, untuk meminimalisasi terjadinya kemacetan, masyarakat yang akan mudik bisa menggunakan sarana moda transportasi massal. Terlebih, saat ini banyak pihak memfasilitasi mudik gratis, termasuk Pemprov DKI yang akan memberangkatkan 292 bus saat arus mudik dan 200 bus ketika arus balik. "Saya berharap pemudik bisa menggunakan pesawat, kereta, bus, atau kapal," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT