14 April 2022, 17:48 WIB

Ternyata, Masih Ada 15 Kelurahan di Jakarta Belum Punya Puskesmas


Hilda Julaika | Megapolitan

Antara
 Antara
Dokter puskesmas menyuntikkan vaksin MR kepada seorang anak di Jakarta.

KOMISI E DPRD DKI Jakarta mengungkapkan di tengah jumlah penduduk yang terus meningkat, masih ada kelurahan yang belum memiliki puskesmas.

Berdasarkan data yang dihimpun, setidaknya ada 15 kelurahan di Jakarta yang belum memiliki puskesmas. Bahkan, di antaranya masuk dalam kawasan padat penduduk.

“Memang masih banyak PR di Jakarta terkait fasilitas pelayanan kesehatan di permukiman padat penduduk,” tutur Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Anggara Wicitra dalam keterangannya, Kamis (14/4).

Baca juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Terus Turun, Positivity Rate di Bawah 5%

Adapun 15 kelurahan yang dimaksud, yakni Kelurahan Duri Selatan, Kelurahan Jembatan Lima, Kelurahan Karanganyar, Kelurahan Tangki dan Kelurahan Gambir. Lalu, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kelurahan Cikini, Kelurahan Senen dan Kelurahan Glodok.

Kemudian, Kelurahan Gondangdia, Kelurahan Kebon Kacang, Kelurahan Kemayoran, Kelurahan Cipedak, Kelurahan Karet Semanggi dan Kelurahan Kebayoran Lama Selatan. Pihaknya pun meminta Dinas Kesehatan DKI segera berkoordinasi dengan sejumlah SKPD, untuk merealisasikan puskesmas.

“Kami mendorong Dinas Kesehatan untuk melakukan pembelian lahan. Secara teknis, harus menggandeng Dinas Citata dan Badan Aset,” imbuh Anggara.

Baca juga: Pemprov DKI Harap Perusahaan Bayar THR Sesuai Aturan

Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti berjanji secepatnya melakukan kajian terhadap 15 kelurahan yang belum memiliki puskesmas. “Akan kita kaji ulang. Kalau memang layak, akan jadi perhatian kita,” kata Widyastuti.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa untuk membuat puskesmas, harus melalui kajian konsep kewilayahan yang matang. Salah satunya, harus memenuhi syarat minimal 30 ribu penduduk di kelurahan tersebut.

“Harus ada konsep kewilayahan dengan minimal jumlah penduduk. Kalau hanya 6.000 dan sekitarnya gedung perkantoran, itu belum memenuhi syarat pembuatan puskesmas,” imbuhnya.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT