05 April 2022, 15:13 WIB

Jakarta Kembali Macet, Wagub DKI: Kondisi Mulai Normal


Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan

MI/Susanto
 MI/Susanto
Suasana kemacetan lalu lintas di ruas jalan Jakarta.

KEMACETAN lalu lintas kembali terjadi di wilayah DKI Jakarta. Sempat mengalami kelonggaran lalu lintas akibat pandemi covid-19, kondisi Jakarta pun kembali padat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kondisi tersebut dikarenakan Jakarta sudah mulai kembali normal dan pelonggaran di beberapa lokasi.

Baca juga: PPKM Level 2 di Jabodetabek Diperpanjang Hingga 18 April

“Sekolah-sekolah sudah 100%, transportasi publik 100%, tempat lain sudah dibuka semakin besar,” ujar Ariza, sapaan akrabnya, di gedung DPRD DKI, Selasa (5/4).

Menurutnya, beberapa pusat perbelanjaan dan tempat wisata sudah beroperasi secara normal. “Jadi kita ini sekarang sudah normal. Sekalipun Jakarta masih memberlakukan PPKM level 2 untuk 2 minggu ke depan,” jelas Ariza.

Anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP, Gilbert Simanjutak, menilai Pemprov DKI perlu mencari solusi permanen untuk mengatasi kemacetan. Pihaknya juga mengkritisi pemberlakuan ganjil genap yang belum efektif.

Baca juga: Volume Kendaraan di Jakarta Meningkat 18 Persen Sepekan Terakhir

“Ganjil genap juga mempersulit masyarakat dan high cost sebenarnya. Terkesan hanya membuat distribusi kendaraan tidak menumpuk di jalan tertentu,” pungkas Gilbert saat dihubungi.

Lebih lanjut, dia menyoroti penerapan kebijakan ganjil genap yang belum efektif di beberapa ruas jalan. Seperti, kawasan Pasar Minggu yang selalu padat kendaraan roda empat. Hal itu dikarenakan mobil tidak bisa langsung menuju pintu tol di Jalan Gatot Subroto.(OL-11)

BERITA TERKAIT