01 April 2022, 19:33 WIB

Luhut: LRT Jabodebek Beroperasi Mulai September Ini


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Antara
 Antara
Menko Marves Luhut Pandjaitan dan Menhub Budi Karya saat meninjau Depo LRT Jabodebek.

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa LRT Jabodebek beroperasi mulai September 2022. 

Adapun progres pembangunan prasarana tahap satu sudah mencapai 90,2%. Tahap satu pembangunan meliputi lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur, pelayanan 2 Cawang-Dukuh Atas dan pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur.

“Schedule-nya ini akan berjalan pada September ini. Pada 17 Agustus kita targetkan untuk soft launching,” jelas Luhut dalam keterangan resmi, Jumat (1/4).

Baca juga: Pembangunan LRT Jabodebek Capai 90%

Luhut menyampaikan seluruh proses berjalan baik. Mulai dari teknologi hingga konstruksi proyek LRT Jabodebek. Moda transportasi tersebut akan terintegrasi dengan kereta cepat, Transjakarta, hingga angkutan umum lainnya.

“Kita membangun sistem moda transportasi yang canggih. Kita berharap semua ini dapat tercapai pada tahun ini,” harapnya.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku operator LRT Jabodebek, berencana mengoperasikan moda transpotasi itu setiap hari, yakni mulai pukul 05.45 WIB hingga 23.00 WIB.

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Penumpang Pesawat Diprediksi Capai 10 Juta

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan jam pelayanan itu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam mengawali aktivitas di pagi hari, sampai menjelang tengah malam. Saat beroperasi, headway atau waktu antara LRT Jabodebek pada tiga lintas pelayanannya sangat singkat. 

Headway pada lintas pelayanan 1 antara Harjamukti-Cawang dan lintas pelayanan 3 Jatimulya-Cawang hanya 6 menit. Bahkan, lintas pelayanan 2 Cawang-Dukuh Atas hanya 3 menit. Headway LRT Jabodebek dipengaruhi sistem Communication-Based Train Control (CBTC) yang digunakan.(OL-11)

BERITA TERKAIT