31 March 2022, 07:15 WIB

Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Diaktifkan Kembali Mulai 1 April


Basuki Eka Purnama | Megapolitan

ANTARA/Fauzan
 ANTARA/Fauzan
Petugas membersihkan lantai area Terminal 1A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (30/3).

PT Angkasa Pura II (Persero) akan mengaktifkan kembali Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat mulai 1 April 2022.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan sebelumnya dilakukan pembatasan operasional dan penonaktifan Terminal 1 sejak 2020 seiring dengan penyesuaian operasional Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi covid-19.

"AP II memastikan seluruh bandara yang dikelola, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, untuk dapat beroperasi tangguh dan cepat beradaptasi dengan dinamisnya situasi dan kondisi di tengah pandemi covid-19," kata Awaluddin dalam keterangan resmi, Rabu (30/3).

Baca juga: Bandara Soetta Layani 818 Penerbangan Private Jet

Awaluddin menyampaikan, bulan lalu, Sub Terminal 1A sudah mulai diaktifkan hanya untuk melayani kedatangan penumpang pesawat pada penerbangan terakhir setiap harinya (last flight arrival) untuk sejumlah penerbangan domestik.

Mulai 1 April 2022, Sub Terminal 1A secara penuh akan melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang rute domestik.

Maskapai yang akan beroperasi di Sub Terminal 1A mulai 1 April ini adalah Airfast, kemudian diikuti Super Air Jet mulai 6 April, lalu Sriwijaya Air Group dan AirAsia Indonesia mulai 12 April.

"Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta perlu melakukan penyesuaian operasional dengan pengaktifan kembali Terminal 1 untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang, dan AP II bersama stakeholder sudah siap menjalani ini mulai 1 April 2022," ujarnya.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat guna tetap memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik sejalan dengan tren lalu lintas penerbangan yang ada.

"Saat ini, AP II dan stakeholder tengah melakukan berbagai persiapan teknis guna memastikan pengaktifan dapat berjalan lancar dengan terpenuhinya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan," kata Agus.

Ia mengatakan, dalam tujuh hari terakhir, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta konsisten di atas 100 ribu orang/hari.

Bahkan pernah juga menyentuh 140 ribu orang/hari atau sekitar 70% dari pergerakan penumpang harian sebelum adanya Covid-19 yang sebanyak 200 ribu orang/hari.

"Tren lalu lintas penerbangan yang ada ini juga menjadi latar belakang diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan," ujar Agus Haryadi.

Agus menuturkan pengaktifan kembali Terminal 1 disiapkan juga untuk mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2022.

"Periode Angkutan Lebaran 2022, baik itu arus mudik dan arus balik, adalah periode yang harus diperhatikan. Pengaktifan Terminal 1 ini untuk mengakomodasi dan memastikan kelancaran Angkutan Lebaran," katanya.

Ia menambahkan, AP II akan memastikan kesiapan personel dan fasilitas untuk aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan di Terminal 1.

Sejalan dengan aktifnya Terminal 1 per 1 April 2022, maka keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dilayani 3 terminal yaitu melalui Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT