28 March 2022, 11:01 WIB

Limbah Muncul Lagi di Kali Bekasi, Distribusi Air Bersih Disetop


Rudi Kurniawansyah | Megapolitan

Dok Humas Perumda Tirta Patriot
 Dok Humas Perumda Tirta Patriot
Kali Bekasi yang tercemar limbah

PENCEMARAN limbah yang berbau dan berbusa lagi-lagi terjadi di Kali Bekasi sekitar pukul 08.00 WIB, Senin (28/3). Akibatnya dilakukan penghentian pengolahan air baku Kali Bekasi oleh Perumda Tirta Patriot sehingga terjadi gangguan distribusi air bersih kepada 40 ribu pelanggan di wilayah Bekasi Barat dan Utara.

"Kami setop pengolahan air baku Kali Bekasi karena terjadi lagi pencemaran limbah pada pukul 08.00 WIB. Akibat ini akan berdampak terhadap 40 ribu pelanggan di Bekasi Barat dan Utara," kata Humas Perumda Tirta Patriot Rizky Sabilah kepada Media Indonesia, Senin (28/3).

Ia menjelaskan, guna meminimalisir dampak terhadap pelanggan, pihaknya masih melakukan pengolahan air dalam skala kecil sebanyak 150 kubik untuk mencukupi stok reservoar.

"Iya memang kami setop tetapi masih ada dilakukan pengolahan kecil untuk distribusi air bersih bagi pelanggan," jelasnya.

Rizky menegaskan dengan terus berulangnya kejadian pencemaran limbah yang berbau dan berbusa di Kali Bekasi maka pihaknya meminta peran aktif dari pemerintah daerah dan instansi terkait untuk melakukan tindakan penertiban. Pasalnya Kali Bekasi yang memiliki 2 hulu sungai, yaitu Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi merupakan sumber air baku untuk pengolahan air bersih bagi warga Kota Bekasi.

"Pencemaran limbah ini sudah terjadi semenjak dari hulu Kali Bekasi. Karena itu kami mohon peran aktif dari pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya untuk segera mengambil tindakan untuk masalah ini," tukasnya.

Baca juga: Hampir 70% Sumber Air Minum Indonesia Terkontaminasi Limbah Tinja

Ia mengungkapkan, sejauh ini Perumda Tirta telah berupaya semaksimal mungkin agar dapat meminimalisir gangguan yang terjadi akibat dugaan pencemaran limbah tersebut.

"Untuk kondisi saat ini pengolahan air bersih kami stop sampai benar-benar air baku kami bisa diolah kembali dan pendistribusian ke pelanggan belum bisa maksimal sementara waktu karena hanya menggunakan air yang ada di reservoar kami," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya menyarankan kepada pelanggan Perumda Tirta Patriot untuk segera menampung air dan mengatur pemaikain air bersih. 

"Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidak nyamanannya dalam kondisi saat ini," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT