24 March 2022, 14:28 WIB

 2.055.460 Orang Sudah Divaksinasi Covid-19 Booster di DKI Jakarta


Selamat Saragih | Megapolitan

MI/ANDRI WIDIYANTO
 MI/ANDRI WIDIYANTO
 Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin astrazeneca dosis ketiga kepada warga saat vaksinasi booster Covid-19 di Jakarta.

KEPALA  Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan 2.055.460 orang sudah divaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) di wilayah DKI Jakarta. Data tersebut dihimpun hingga Rabu (23/3).

"Total dosis tiga sampai saat ini sebanyak 2.055.460 orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia, dikutip dari keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (24/3).

Dwi menambahkan, jumlah warga yang sudah divaksinasi dosis pertama total 12.452.352 orang atau sekitar 123,5% dari target.

Proporsinya, 70,2% merupakan warga ber-KTP DKI dan 29,8% warga KTP non-DKI Jakarta.

Dwi mengatakan, meski sudah terbukti mengurangi risiko fatal saat terinfeksi Covid-19, vaksinasi booster di Jakarta masih kurang diminati.

Baca juga: Vaksin Booster DKI di Bawah 50%, DPRD: Ayo Kebut, Biar Warga Bisa Mudik

Dwi mengatakan, ada dua alasan warga enggan melakukan vaksinasi booster. Pertama, akses ke layanan vaksinasi yang dinilai jauh dari rumah.

Kedua, masyarakat yang masih pilih-pilih merek vaksin yang akan disuntikan. "Bisa jadi karena pilih-pilih, padahal sama saja semua vaksin sudah melalui pengujian," ujarnya.

Untuk masalah pertama, Dwi mengatakan, Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan pelayanan lebih dekat dengan vaksinasi keliling.

Selain itu, DKI Jakarta setiap hari mengoperasikan 300 lebih sentra vaksinasi agar warga bisa lebih mudah mengakses vaksinasi booster.

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa. Kita peduli, pandemi berakhir! (Ssr/Ol-09)

BERITA TERKAIT