22 March 2022, 14:35 WIB

Gagas Lapangan Kerja, Sandiaga Ajak Warga Jadi 'Jurangan Lele Lalap'


Selamat Saragih | Megapolitan

dok.ist
 dok.ist
Sandiaga di lapangan Yayasan Al-Asyirotus Syafiiyyah Assaidiyyah, Jalan Raya Penggilingan Pedaengan RT 04/08, Cakung, Jaktim, Selasa (22/3)

SANDIAGA Uno bersama Rumah Siap Kerja (RSK) dan Rumah SandiUno Indonesia (RSI) mengajak warga jadi 'Juragan Lele Lalap' melalui budidaya ikan dalam ember (budikdamber). Menurut Sandi, dengan budikdamber dinilai dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

"Ini kami lakukan karena untuk kebangkitan ekonomi. Inilah lapangan kerja kita ciptakan dengan juragan lele dan juragan lalap," ujar Sandiaga di lapangan Yayasan Al-Asyirotus Syafiiyyah Assaidiyyah, Jalan Raya Penggilingan Pedaengan RT 04/08, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (22/3/2022).

Sandiaga menyebut harga bahan pokok kini sedang naik. Menurut dia, keadaan tersebut harus ditanggapi dengan kewirausahaan.

"Ini menyikapinya, sehingga warga masyarakat, saudara-saudara kita bisa dapat penghasilan, bisa meningkatkan ekonomi, bisa juga mengurangi juga biaya hidup yang semakin berat," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga memberikan bantuan 200 unit ember, 10 ribu benih ikan lele, hingga 1.600 lubang tanam kangkung beserta benih. Selain itu, ada juga bantuan 800 kilogram pakan lele dan pelatihan-pendampingan.

"Jadi bukan hanya dapat lele, tapi juga dapat sayurnya serta kedepan 800 kilogram pakan ikan lele, bantuan pelatihan dan pendampingan hingga masa panen pertama," ujarnya.

Sementara itu Head of Learning RSK, Dinni Rahmawati mengatakan, pelatihan dan pendampingan akan dilakukan selama dua bulan. Lele dan kangkung peserta dipantau hingga panen pertama.

"Harapannya dari hasil panen itu kita bisa membuka peluang baru untuk warga mendapatkan penghasilan tambahan," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Disdik DKI Tunggu Aturan PTM 100 Persen dari Pemerintah Pusat

BERITA TERKAIT