17 March 2022, 14:33 WIB

Pemkot Jakpus akan Tertibkan PKL di Area Masjid Istiqlal


Rahmatul Fajri | Megapolitan

Antara/Indiranto Eko Suwarso
 Antara/Indiranto Eko Suwarso
Masjid Istiqlal 

PEMERINTAH Kota Jakarta Pusat akan menata dan menertibkan para pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sekitar area Masjid Istiqlal.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan pihaknya bersama Satuan Polisi Pamong Jakarta Pusat akan melakukan penataan dan penertiban, karena para PKL membuat kumuh kawasan Masjid Istiqlal.

Baca juga: 26 Ton Minyak Goreng Sitaan Polisi Kembali Dipasarkan di Tangerang

"Sebenarnya sih bukan penertiban tapi penataan saja terhadap pedagang. Keberadaan mereka membuat kawasan masjid menjadi kumuh," kata Irwandi saat dihubungi, Kamis (17/3).

Irwandi mengatakan para PKL tidak diperbolehkan berada di kawasan Masjid Istiqlal. Maka dari itu, rencananya pada Selasa pekan depan akan dilakukan peninjauan dan Rabu akan dilakukan penertiban.

"Kami tidak memiliki tempat menampung para PKL di sana. Nanti setelah ditertibkan, kita akan tempatkan petugas di sana," ucapnya. 

Terpisah, Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan mengatakan pihaknya akan melakukan penjagaan di seputar Masjid Istiqlal. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya para pedagang mengingat Masjid Istiqlal sudah dibuka kembali.

"Nanti akan di kasih barrier untuk menghalau pedagang. Kita akan bangun posko di sana untuk menjaga agar tidak ada pedagang," katanya. (OL-6)

BERITA TERKAIT