13 March 2022, 11:24 WIB

Stok Kacang Kedelai di Pasar Tugu Kota Depok Langka


 Kisar Rajaguguk | Megapolitan

 ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
  ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Perajin tempe menunjukkan kacang kedelai di kawasan Sentra Produksi Tempe, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

STOK kacang kedelai yang diperlukan untuk bahan baku tahu dan tempe di Pasar Tugu, Kota Depok sudah satu pekan ini langka. Sehingga banyak pedagang terpaksa mengalihkan pembelian ke pasar lain dengan harga yang lebih mahal.

Kepala Unit Pengelolaan Pasar Daerah (KUPTD) Pasar Tugu, Ikhwan Suryadin Nasution mengungkapkan stok kacang kedelai di Pasar Tugu mengalami kelangkaan sejak Senin (7/3) sehingga berimbas pada harga tahu dan tempe.

"Sudah satu pekan langka. Untuk mendapatkan kacang kedelai para pedagang kacang kedelai terpaksa mengalihkan pembelian ke pasar lain dengan harga tinggi," kata dia, Minggu (12/3).

Ia mengatakan, kelangkaan bahan baku tersebut, UPTD Pasar Tugu telah berkoordinasi dengan satgas pangan di Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok.

"Khususnya di Pasar Tugu, kita terus berkoordinasi ke satgas pangan Disdagin Kota Depok. Kami juga turun kebawah dan mendatangi agen," katanya.

Baca juga: Mogok Diakhiri, Perajin Tahu-Tempe mulai Naikkan Harga Jual

Ikhwan berharap kacang kedelai tidak langka dipasaran, karena pedagang dan konsumen saling membutuhkan.

Harga kacang kedelai di Pasar Tugu jelas Ikhwan begitu berpengaruh, sehingga ia mengingatkan para pedagang tingkat pengecer, tidak bermain-main dengan harga yang merugikan konsumen.

"UPTD Pasar Tugu akan terus mengawasi. Sejauh ini yang bisa kita upayakan agar bahan baku ini tidak langka dan kosong, " jelas dia.

Menurut dia, konsumsi kacang kedelai di Pasar Tugu yang berbatasan langsung dengan Jakarta Timur ini sangat besar karena jumlah perajin tahu dan tempe sangat banyak.

"Inilah alasan kacang kedelai di pasar tradisional tersebut diburu oleh perajin tahu dan tempe," ungkapnya.

UPTD Pasar Tugu mencatat harga kacang kedelai impor perkilogramnya Rp13 ribu. Harga tahu perkilogramnya Rp8.000 dan tempe Rp14.000 per kilogram. (KG/OL-09)

 

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT